Titi Qadarsih di Mata Bimbim "Slank" dan Bunda Iffet

Purba Wirastama    •    23 Oktober 2018 12:44 WIB
artis meninggal
Titi Qadarsih di Mata Bimbim
Bunda Iffet bersama Bimbim di TPU Tanah Kusir Jakarta, Selasa, 23 Oktober 2018. (Foto: Medcom.id/Purba WIrastama)

Jakarta: Bagi Bimbim dan Bunda Iffet, ibunya yang sekaligus menjadi manajer Slank, Titi Qadarsih adalah sosok perempuan yang ramah dan selalu ceria. Mereka merasa selalu disambut ketika berkunjung ke rumah untuk bermain ataupun melakukan rekaman di studionya.

"Baik orangnya, cheer-up terus. Kalau ada Tante Titi, langsung ramai, berisik gitu," kata Bimbim saat ditemui di TPU Tanah Kusir Jakarta, Selasa, 23 Oktober 2018.

Bimbim datang bersama Bunda Iffet untuk mengantar jenazah Titi ke peristirahatan terakhir. Keempat personel Slank lain telah melayat di rumah duka di kawasan Sawangan, Depok, pada Senin malam kemarin.

"Hal yang enggak bisa dilupakan, keramahan dia ke siapa saja," ungkap Bunda.

"Apalagi ke teman-temannya Indra," sambung Bimbim. "Tempat tidurnya, tempat tidur kami. Meja makannya, meja makan kami."

Menurut cerita Bimbim, Slank pernah rekaman beberapa lagu mereka di rumah Titi pada era 1990-an. Dua diantaranya adalah  lagu Bidadari Penyelamat dan Hamburger dari album kelima Minoritas (1996). Anak Titi, Indra Q pernah bergabung dengan Slank sebelum membentuk grup BIP.

"Mamanya Indra itu berdua terus selama aku kenal di rumah di Patal Senayan. Dua-duanya welcome banget, kami rekaman di situ untuk album keempat," ujar Bimbim.

"Di rumah Cinangka pun begitu. Kami bikin lagu Hamburger pakai kendang di situ, rekaman vokal lagu Bidadari Penyelamat juga di rumah pertama," lanjutnya.

Titi meninggal pada Senin, 22 Oktober 2018 dalam perjalanan pulang ke rumah sehabis menjalani perawatan intensif di RSUP Fatmawati dalam dua pekan terakhir. Setelah perawatan ini, baru diketahui bahwa Titi memiliki kanker stadium empat di usus. Sejak lima bulan sebelumnya, Titi mengeluhkan sakit di perut.

Titi meninggal dalam usia 73 tahun. 

 


(ASA)