Dukungan Mengalir atas Keberanian Via Vallen Ungkap Skandal Pelecehan Seksual

Cecylia Rura    •    06 Juni 2018 09:29 WIB
dangdutpelecehan seksual
Dukungan Mengalir atas Keberanian Via Vallen Ungkap Skandal Pelecehan Seksual
Via Vallen (Foto: Instagram Via Vallen)

Jakarta: Setelah kasus dugaan pelecehan melalui pesan tertulis yang diterima Via Vallen melalui media sosial Instagram pada Senin 5 Juni 2018, dukungan terus mengalir. Sejumlah komikus ikut memberikan dukungan dan perhatiannya.

Ernest Prakasa dan Arie Kriting memberikan cuitan dukungan terhadap pelantun lagu Sayang itu melalui akun Twitter.







"Orang-orang yang menyerang Via Vallen sama saja melestarikan pelecehan. Kita seharusnya mendukung korban yang berani bicara, bukan justru membuat mereka lantas memilih diam!" tulis Ernest dalam akun Twitter.

Sementara itu, Pandji Pragowaksono memberikan thread khusus setelah kasus Via Vallen. Ia ikut terinspirasi untuk membuat materi khusus terkait kasus perundungan di dunia maya.





Selain dari kalangan komikus, aksi Via Vallen ikut memantik komentar produser film sekaligus aktivis perempuan Tunggal Prawestri. Ia memberikan dukungan terhadap Via Vallen terkait kasus pelecehan yang dialami melalui tagar #metoo yang ditujukan oleh masyarakat Hollywood menentang tindakan pelecehan seksual.

"Gerakan #metoo berangkat dari para korban yang berani bicara ke publik. Semangat untuk Via Vallen!" tulis Tunggal.

Isu ini bermula ketika Via Vallen mengunggah cerita via Instagram terkait seorang pesepakbola yang mengirim pesan pribadi agar Via mau hadir ke kamar si pesepakbola. Via tidak menuding langsung siapa pesepakbola itu, tetapi warganet berasumsi pesepakbola tersebut adalah Marko Simic, pesepak bola asal Kroasia yang kini memperkuat tim Persija Jakarta.



Cerita Instagram yang dibagikan Via Vallen (Foto: Instagram Via Vallen)

Melalui pantauan Medcom.id, hingga Rabu pagi, 6 Juni 2018, nama Via Vallen menjadi trending topic di Twitter.

 




(ASA)