Amoroso Katamsi Lima Tahun Menderita Komplikasi Penyakit

Triyanisya, Cecylia Rura    •    17 April 2018 10:30 WIB
amoroso katamsi
Amoroso Katamsi Lima Tahun Menderita Komplikasi Penyakit
(Foto: Dok,.mi/Sumaryanto)

Jakarta: Aktor Amoroso Katamsi tutup usia pada dini hari, Selasa, 17 April 2018 di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Dr. Mintohardjo. Jenazah Amoroso telah disemayamkan di rumah duka di Jalan Kamper No. 9 Komp. AL Pangkalan Jati, Pondok Labu. 

Sebelum mengembuskan nafas terakhir, pria yang pernah memerankan Soeharto dalam film Pengkhianatan G30S/PKI itu diketahui menderita beberapa penyakit. 

Aning, anak ketiga Amoroso mengatakan ayahnya selama ini berjuang dengan penyakit ginjal, diabetes, kanker usus, dan kanker tulang yang membuat tubuhnya tidak mampu menopang berat badannya. Hal itu juga dikatakan anak tertua Amoroso, Dodie Katamsi.

" Sudah lima tahunan. Jadi ini kemarin sudah berkali-kali masuk rumah sakit. Cuma yang kemarin yang paling parah hilang sadar itu," kata Dodie Katamsi, putra mendiang Amoroso Katamsi saat ditemui Medcom.id di kawasan Pondok Labu, Jakarta, Selasa 17 April 2018.

Januari lalu, Amoroso sempat terjatuh dan mendapatkan perawatan medis. Sejak itu, kondisinya terus menurun.  Kesadaran Amoroso terus menurun pada Jumat, 13 April, membuatnya harus menggunakan ventilator. 

Amoroso Katamsi tak hanya dikenal sebagai aktor. Pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada ini juga merupakan purnawirawan TNI Angkatan Laut. Kecintaan Amoroso pada dunia teater mempertemukannya dengan Arifin C Noer, sutradara Pengkhianatan G30S/PKI.

Selama hidupnya, pria kelahiran Jakarta, 21 Oktober 1940 ini sedikitnya telah memerankan 13 film, termasuk Dibalik 98 yang juga melibatkan aktris generasi milenial Chelsea Islan. 

Jenazah Amoroso akan dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Wakaf Pondok Labu pada pukul 13,00 WIB setelah disalatkan di Masjid Imam Bonjol.




(DEV)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA