Sebelum Juarai Miss Grand International 2016, Ariska Putri Pertiwi Tuai Protes

Elang Riki Yanuar    •    26 Oktober 2016 16:52 WIB
miss grand international
Sebelum Juarai Miss Grand International 2016, Ariska Putri Pertiwi Tuai Protes
Ariska Putri Pertiwi (Foto: facebook missgrandinternational)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ariska Putri Pertiwi mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai ajang ratu kecantikan dunia, Miss Grand International 2016 yang digelar di Las Vegas, Amerika, (25/10/2016) waktu setempat. Hebatnya lagi, Indonesia juga menyabet gelar Best National Costume di ajang Miss Grand International 2016.

Perjalanan Ariska ke Miss Grand International 2016 bukan tanpa halangan. Wanita 21 tahun ini sempat menuai protes, khususnya masyarakat adat Lampung terkait kostum nasional yang dia bawa ke ajang Miss Grand International.

Ariska membawa busana yang mengusung motif khas Lampung seperti siger (pakaian adat lampung yang dikenakan di kepala oleh wanita suku Lampung). Yang menjadi masalah ialah, belahan kaki kostum yang dipakai Ariska dianggap terlalu tinggi sehingga memperlihatkan bagian paha yang terbuka.

"Ariska Putri Pertiwi menjadi sorotan masyarakat Lampung dalam ajang itu. Ariska mengenakan busana yang mengusung motif-motif khas Lampung seperti siger. Budaya Lampung, dengan kearifan lokalnya yang memiliki daya jual tinggi tentu seharusnya dijaga dengan baik, bukan dengan hal-hal seperti yang dilakukan oleh pihak-pihak yang terkait dalam foto tersebut," kata Koordinator Divisi Adat dan Budaya Gamolan Institute Lampung, Erizal Barnawi seperti dikutip Antara.


Kostum yang dipakai Ariska Putri Pertiwi (foto: missgrandinternational)

"Menyatakan protes keras dan keberatan atas pemakaian simbol adat Lampung tersebut, termasuk dalam bentuk foto dan penyebarluasannya di media umum dan media sosial. Kepada pihak yang melakukannya kami minta untuk bertanggung jawab dan meminta maaf secara terbuka," ujar Anshori Djausal yang mewakili masyarakat adat Lampung.

Meski menuai protes di dalam negeri, juri Miss Grand International 2016 punya penilaian sendiri. Kostum yang dikenakan Ariska terbukti mengalahkan puluhan kostum nasional dari negara lain. Tak hanya soal penampilan, jawaban Ariska berhasil membuat dewan juri terpukau dengan memilihnya sebagai juara.

"Saya ingin mengucapkan rasa terima kasih saya kepada para penggemar, pendukung, dan keluarga, kalian yang terbaik, saya siap bepergian dan keliling dunia untuk menghentikan kekerasan. Indonesia, kita berhasil!" seru Ariska.

Pencapaian Runner-Up 3 kontes kecantikan Puteri Indonesia 2016 ini merupakan torehan tertinggi yang pernah dicapai Indonesia dalam ajang ratu kecantikan sejagad dengan menjadi juara. Prestasi serupa hampir diraih Maria Harfanti yang keluar sebagai Runner-up 2 di ajang Miss World 2015.


Ariska Putri Pertiwi (foto: missgrandinternational)

Sedangkan di ajang Miss Universe, prestasi tertinggi Indonesia mencapai posisi di 15 besar seperti yang pernah diraih Artika Sari Devi (2005), Elvira Devinamira (2014), dan Anindya Kusuma Putri (2015).

Indonesia sebelumnya pernah menyabet gelar Best National Costume di ajang Miss Universe 2014 yang saat itu diwakili Elvira Devinamira.

Ariska lahir di Lhokseumawe, 13 Januari 1995. Wanita yang akrab disapa Ika ini tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara.

 
(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA