Hanung Bicara Pentingnya Keberanian bagi Anak Muda

Patricia Vicka    •    17 Oktober 2018 14:08 WIB
hanung bramantyo
Hanung Bicara Pentingnya Keberanian bagi Anak Muda
Hanung Bramantyo (Foto: dok. Humas UNY)

Yogyakarta: Sutradara beken Hanung Bramantyo didaulat sebagai pembicara dalam Studium Generale Mahasiswa Baru Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) 2018. Dalam kesempatan ini Hanung membocorkan rahasia sukses bertahan di industri kreatif.

Menurutnya, seseorang harus memiliki nyali dan keberanian untuk mengungkapkan ide dan bakat melalui karya.

"Keberanian harus ditumbuhkan. Sikap berani sangat penting untuk membentuk keunggulan diri,” ucap Hanung di depan sekitar 860 mahasiswa baru FBS UNY, Selasa 16 Oktober 2018.

Keberanian yang dimaksud meliputi keberanian untuk memilih, bersikap, mengakui kesalahan, dan keberanian untuk bangkit serta memulai kembali. Selain itu, kreativitas mutlak harus dimiliki para pekerja industri kreatif. Sebab industri ini selalu menghasilkan suatu karya baru yang unik.

"Jadi mahasiswa unggul dan kreatif itu minimal mempunyai minat dan motivasi di bidang yang ditekun," tutur pria yang sempat mengecap pendidikan di FBS ini.

Ia turut mengajak mahasiswa agar gemar membaca. Sebab membaca dapat mencerdaskan manusia dan bangsa. Tradisi membaca dapat meliputi banyak hal. Ia mencontohkan membaca teks, bunyi, fenomena, dan juga tanda-tanda.

Menurutnya, anak-anak muda semestinya tidak hanya berorientasi pada mencari nilai akademik, tapi harus berorientasi pada pencapaian kompetensi. "Itulah sebabnya, membaca menjadi syarat mutlak menjadi manusia unggul. Membaca adalah prasyarat untuk memasuki industri kreatif," tegas suami dari Zaskia Mecca ini.

Saat ini Hanung sedang berfokus menggarap film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer.



 


(ELG)

Kaca Benggala Polemik Jerinx SID dan Via Vallen

Kaca Benggala Polemik Jerinx SID dan Via Vallen

3 days Ago

Dapat disimpulkan, Jerinx adalah korban dari sikap 'lancang' Via Vallen dan beberapa pe…

BERITA LAINNYA