Alexandra Gottardo: Jangan Kapok Jadi Indonesia

Indriyani Astuti    •    24 Juli 2017 10:34 WIB
selebritas
Alexandra Gottardo: Jangan Kapok Jadi Indonesia
(Foto: Dwi Ayu Rohani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai peristiwa mendera bangsa Indonesia, termasuk tantangan disintegrasi. Kendati demikian, model, presenter, sekaligus aktris Alexandra Gottardo, 32, menyampaikan bangsa Indonesia harus tetap membangun optimisme sehingga bisa menjadi bangsa yang hebat dan lebih baik.

Itulah yang menjadi salah satu pesan utama yang disampaikan dalam pementasan teater dengan lakon berjudul Pesta para Pencuri, yaitu Alexandra terlibat di dalamnya.

"Jangan kapok jadi orang Indonesia dengan keadaan negara yang seperti sekarang ini terlebih di Kota Jakarta, banyak konflik, banyak hal-hal baik yang mengharukan dan menyedihkan yang terjadi baru-baru ini," ujar perempuan kelahiran Malang, 9 Januari 1985 itu.

Menurutnya, masyarakat harus tetap membangun semangat persatuan.

Selain itu, mereka harus berusaha menjadi warga negara Indonesia yang baik dan patuh terhadap aturan yang ada.

"Tetap terus bersemangat menjadi warga negara Indonesia yang baik, tetap patuh pada hukum, patuh pada peraturan pemerintah, dan kita berharap menjadi Indonesia yang hebat dan menyejahterakan masyarakat," imbuhnya.

Lebih lanjut, ibu Carleteana Eleanore Waworuntu itu menuturkan sebagai pekerja seni, ia dapat berkontribusi lewat karya.

Peraih penghargaan kategori aktris terbaik dalam film Tanah Air Beta di ajang Indonesian Movie Award itu punya harapan para seniman, khususnya seniman jalanan, dapat hidup layak dan punya wadah agar bakat mereka tersalurkan dengan baik.

"Kita perlu membuat wadah buat mereka. Kenapa banyak sekali yang bilang seniman tidak dihargai di Indonesia dan lebih dihargai di luar negeri. Itu menjadi pertanyaan besar buat kita," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan tidak semua seniman punya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dari sekolah formal seni.

Mungkin hanya mereka yang mempunyai kondisi ekonomi yang baik yang punya kesempatan sekolah bahkan sampai luar negeri.

"Namun, seniman jalanan harusnya pemerintah memfasilitasi dengan membentuk wadah sehingga bakat mereka tersalurkan dan dibina seniman-seniman mumpuni yang sudah senior.

Pasti ada jalan," ujar istri Arief Utama Waworuntu itu.

Untuk menampung mereka, sambung Alexandra, kita sebenarnya sudah mempunyai pusat-pusat kesenian, seperti Gedung Kesenian Jakarta dan Taman Ismail Marzuki, tapi kondisinya harus diperhatikan.

"Saya berharap kondisinya bisa lebih diperhatikan. Kondisi gedungnya dan lebih banyak program-program pementasan yang bagus," ucap Alexandra.

Menggeluti teater

Perempuan berdarah Jawa-Italia itu mengatakan sejak duduk di bangku sekolah sudah aktif bermain teater.

Hanya, banyak orang yang lebih mengenalnya sebagai model dan aktris.

Padahal, kariernya di dunia seni bermula dari seni teater.

"Mulai usia 15 ikut teater di sekolah di Malang, Jawa Timur. Tapi beberapa pementasan di Surabaya, di sana ada tempat pementasan besar."

Ketika ditanya apakah akan membintangi sinetron kembali atau bermain teater dalam waktu dekat, dia menuturkan untuk saat ini ingin lebih banyak waktu untuk buah hatinya.

"Untuk sementara ini yang pasti kalau untuk main sinetron tidak dulu karena ingin terus mendampingi anak saya yang masih berumur satu tahun. Tapi kalau untuk teater dan film yang memang pas perannya kenapa tidak," tutup dia.


(DEV)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

1 day Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA