Tulus Penasaran dengan Buku Tetralogi Pramoedya Ananta Toer

Elang Riki Yanuar    •    22 April 2018 08:00 WIB
tulusmocosik festival
Tulus Penasaran dengan Buku Tetralogi Pramoedya Ananta Toer
Tulus (Foto: dok. rajawaliindonesiacommunication)

Yogyakarta: Tulus menjadi bagian dari BRI Mocosik Festival 2018 hari kedua yang digelar di Jogja Expo Center (JEC) pada Sabtu, 21 April 2018. Kesempatan ini pun dimanfaatkan Tulus untuk berburu buku favoritnya.

Mocosik merupakan acara yang menampilkan konser musik dan pameran buku dalam satu tempat. Salah satu buku yang hendak dicari Tulus ialah Tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer yang terdiri dari Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca.

"Kalau terlibat dalam acara yang banyak buku seperti di Mocosik Festival bikin saya jadi kurang konsentrasi karena pengin lihat-lihat buku. Kemarin saya dapat cerita dari teman tentang buku Tetraloginya Pramoedya Ananta Toer, katanya bagus banget. Saya jadi penasaran untuk membaca buku-buku itu," kata Tulus dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.

Tulus mengaku kembali giat membaca buku dalam tiga tahun terakhir. Pengaruh membaca banyak buku pun dirasakan betul penyanyi 30 tahun ini ketika membuat lagu.

"Buku itu bisa menstimulasi cara kita memproduksi kalimat. Dengan membaca buku, itu pun bisa menstimulasi bagaimana cara kita dalam berpikir, memproduksi kalimat dan lainnya. Untuk saya sebagai seorang musisi, semua itu bisa sangat membantu saya saat melakukan proses penulisan lirik," jelasnya.

Selain Tulus, Mocosik Festival 2018 hari kedua juga diramaikan penampilan Frau, Neonomora, Ten2Five dan Tompi. Tak hanya konser musik, acara yang dipromotori Rajawali Indonesia Communication itu juga mengadakan bincang-bincang yang menghadirkan Yovie Widianto dan Garin Nugroho sebagai pembicara.

"Buku itu lebih nyata. Aku suka baca buku, cium baunya dan banyak lagi. Ini festival yang harus disejarahkan. Banyak penulis hebat di Indonesia. Dan dengan adanya festival seperti ini mereka akan sangat terbantu," kata Neonomora.

Mocosik Festival 2018 digelar pada 20-22 April 2018. Di hari ketiga akan menampilkan Sirkus Barock, Glenn Fredly dan Slank. Ada juga acara bincang-bincang yang menghadirkan Afrizal Mana, Edy Ah Iyubenu, Muhidin M Dahlan, Mahfud Ikhwan, Aan Mansyur, dan Kamila Andini sebagai pembicara.

 


(ELG)

Produser The Rolling Stones Percaya Dangdut Mampu Mendunia

Produser The Rolling Stones Percaya Dangdut Mampu Mendunia

6 hours Ago

Seperti yang dikatakan Rhoma Irama lewat lagu Viva Dangdut, "Dunia pun berdangdut, dunia k…

BERITA LAINNYA