Alasan Happy Salma Angkat Chairil Anwar ke Pentas Teater

Cecylia Rura    •    11 November 2017 19:48 WIB
pentas teaterhappy salma
Alasan Happy Salma Angkat Chairil Anwar ke Pentas Teater
Happy Salma dan pemeran Perempuan Perempuan Chairil (Foto: dok. Image Dynamic)

Metrotvnews.com, Jakarta: Happy Salma selaku produser mengungkapkan alasan memilih tokoh Chairil untuk diangkat ke atas pentas teater bertajuk Perempuan Perempuan Chairil. Menurut Happy, Chairil pada zaman revolusi saat itu mampu mengekspresikan diri sebagai sosok individualistis melalui karya-karyanya.

"Dia bukan hanya simbol kebebasan pribadi tetapi juga karyanya dia bisa lahir di zaman ketika revolusi berlangsung. Di tahun 40-an sudah membuat karya yang individualistis," ungkap Happy saat ditemui awak media usai pementasan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (11/11/2017)

Ia menambahkan, puisi-puisi karya Chairil memiliki korelasi dan kontekstual yang sama saat dibaca berulang kali. Melalui pementasan ini, ia ingin kembali menghidupkan sastra melalui karya-karya Chairil.

Happy memang tidak mengangkat biografi Chairil untuk dipentaskan karena dirasa terlalu panjang dan tidak cukup jika hanya dikemas dalam waltu dua jam.


Happy Salma dan pemeran Perempuan Perempuan Chairil (Foto: Metrotvnews/Cecylia)


Ide cerita ini sendiri terinspirasi dari buku Hapsah Aspahani yang kaya akan informasi soal Chairil dan keempat perempuan yang mengisi kehidupan sang penyair.

"Kalau biografi rasanya terlalu panjang untuk dipentaskan di panggung. Beruntung saya dengan Agus Noor menemukan buku Hapsah Aspahani di mana dia banyak riset yang kita tidak harus dari nol lagi. Dari situ saya melihat pintu gerbang soal pengaruh perempuan- perempuan di sekitar dia yang menciptakan daya kesusasteraan seorang Chairil sebagai penyair," tukasnya.

Pentas teater ini berlangsung selama dua hari, 11 dan 12 November 2017 pukul 20.00 WIB di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Cerita dari sang penyair legendaris tersebut terinspirasi dari buku karya Hasan Aspahani berjudul Chairil. Happy Salma selaku produser dan Agus Noor sebagai sutradara kemudian membawanya ke dalam pentas teater dan dikemas dalam durasi waktu 2 jam. Acara ini didukung oleh Titimangsa Foundation dan Bakti Budaya Djarum Foundation.

 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA