Sahabat Ungkap Isi Surat Perpisahan Jonghyun "SHINee"

Purba Wirastama    •    19 Desember 2017 18:15 WIB
selebritas
Sahabat Ungkap Isi Surat Perpisahan Jonghyun
Dari hasil penyelidikan, polisi memastikan Jonghyun bunuh diri (Foto: Alkpop)

Seoul: Penyanyi Jang Hee-yeon alias Nine9 mengungkap surat perpisahan yang ditulis oleh Kim Jong-hyun kepadanya. Menurut Hee-yeon, Jonghyun meminta dia untuk merilis surat kepada publik.

Dilansir dari AllKPop, Hee-yeon membeberkan bahwa Jonghyun pernah bercerita tentang pikiran terdalam dia yang kelam, serta telah meminta pihak keluarga untuk mendampingi.

Terkait perilisan surat, vokalis grup musik Dear Cloud ini sempat merasa ragu. Jika dirilis, dia yakin akan ada kontroversi. Namun, demi memenuhi permintaan terakhir Jonghyun, dia merilis surat untuk publik setelah lebih dulu memberikannya ke keluarga.

"Aku rusak dari dalam. Depresi yang menggerogoti secara perlahan telah benar-benar menelanku, dan aku tak bisa menang melawannya," tulis Jonghyun dalam bahasa Inggris.

"Aku benci diriku sendiri. Aku coba berpegang pada kenangan yang merusak dan memaki diriku untuk mendapat pegangan, tapi tak ada jawaban," lanjut dia.

Lalu ada lebih dari 40 baris berikutnya yang bercerita tentang situasi depresi yang dialami Jonghyun. Dia merasa sendiri dan bergulat dengan pikiran bunuh diri.

Jonghyun terus-menerus mengeluh kehilangan memori, tetapi saat dia bertanya mengapa ke orang-orang, mereka menjawab bahwa itu karena kepribadiannya sendiri. Bahkan, dia merasa dokter ikut menyalahkan kepribadian dia.

Jonghyun juga menuliskan kecemasan yang dia alami terus-menerus. Dia merasa tak pernah belajar cara mengubah luka menjadi kegembiraan, merasa sebagai orang paling lemah, dan merasa berjuang sendiri.

"Aku bisa bilang apalagi? Bilang padaku bahwa aku telah bekerja keras. Sejauh ini, itu bagus buatku. Bahwa aku telah bekerja keras. Bahkan jika kau tak dapat tersenyum waktu melepas, tolong jangan salahkan aku," tulis Jonghyun.

Dia menutup surat dengan mengulangi kalimat 'telah bekerja keras' disertai ucapan selamat tinggal.

Jonghyun, musisi dan garda depan grup boyband SHINee, ditemukan tak sadar di hotel huniannya di Seoul, pada Senin petang, 18 Desember 2017 waktu setempat. Dia segera dilarikan ke rumah sakit tetapi nyawanya sudah tak tertolong

Dari hasil penyelidikan, polisi memastikan Jonghyun bunuh diri. Jenazah tidak akan di autopsi dan akan dimakamkan secara privat pada 21 Desember.

Jonghyun meninggal dalam usia 27 tahun.


(DEV)