Musisi Senior: Pelecehan Seksual Terjadi Juga di Industri Musik

Elang Riki Yanuar    •    20 Oktober 2017 07:00 WIB
harvey weinstein
Musisi Senior: Pelecehan Seksual Terjadi Juga di Industri Musik
Tom Jones (Foto: ist)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyanyi senior Sir Tom Jones ikut menanggapi skandal pelecehan seksual yang dilakukan produser film Harvey Weinstein. Menurut Tom Jones, masalah pelecehan seksual tidak hanya terjadi di industri film, tapi juga dunia musik.

Harvey Weinstein memanfaatkan posisinya sebagai produser film untuk melakukan pelecehan seksual kepada artis-artis yang kebanyakan pendatang baru. Dia mengiming-imingi sang artis sebuah peran di film asal mau mengikuti semua permintaannya.

Masalah ini menjadi besar karena Harvey diketahui menjalani praktek itu selama puluhan tahun. Korbannya pun artis-artis yang terkenal seperti Kate Bekcinsale, Gwyneth Paltrow, Angelina Jolie, Cara Delevingne dan lainnya. Modus serupa diungkapkan Tom Jones dilakukan sejumlah produser nakal di dunia musik. Sama seperti Harvey, oknum produser mengiming-imingi kontrak rekaman kepada korbannya.

"Hal-hal seperti itu selalu terjadi juga di industri musik," kata Sir Tom Jones seperti dikutip Contactmusic.

Saat ditanya apakah dia pernah melihat hal serupa, musisi yang memulai karier sejak tahun 1960-an ini menjawab, "Iya pada awalnya. Ada beberapa hal seperti itu. Anda harus menghindari itu. Tapi apa yang terjadi pada wanita juga terjadi pula pada laki-laki."

Kesaksian Gwyneth Paltrow Pernah Dilecehkan Harvey Weinstein

Tom Jones paham jika kebanyakan para korban tidak berdaya melawan karena dalam posisi serba salah. Musisi 77 tahun ini meyakinkan bahwa artis-artis tidak harus meladeni permintaan nakal produser seperti Harvey Weinstein. Jika memang sang artis benar-benar punya talenta, dia yakin akan menemui jalan popularitasnya sendiri.

"Anda harus tahu diri Anda sendiri. Anda tidak melakukan hal itu hanya karena Anda berpikir, 'Aku harus melakukannya'. Pikiran Anda sendiri yang akan memberitahu Anda. Tidak hanya di industri hiburan, tapi dalam hal apa pun," jelasnya.

"Selalu ada orang-orang yang punya kekuatan kadang menyalahgunakan kekuasaannya itu. Tapi tidak semua orang menyalahgunakannya, ada juga orang-orang baik," imbuhnya.

Kasus kekerasan seksual yang pernah dialami musisi memang pernah terjadi dan menerpa penyanyi terkenal seperti Lady Gaga dan Kesha. Kasus yang dialami Kesha bahkan berujung pada pengadilan.

Kesha Jadi Korban Pelecehan Seksual Produser

Kesha menuduh produsernya, Dr. Luke pernah melakukan kekerasan seksual terhadapnya. Karena itu, dia mengajukan gugatan untuk membatalkan kontrak rekaman dan tidak lagi diproduseri oleh Luke. Sayangnya, gugatan Kesha ditolak hakim.

Saat ini, sejumlah artis yang mengaku menjadi korban Harvey Weinstein belum mengajukan gugatan hukum. Namun, Tom Jones yakin Harvey tetap akan mendapat ganjaran jika terbukti melakukan kesalahan.

"Keadilan akan datang. Jika Anda melakukan hal yang salah maka Anda harus membayar itu, atau buktikan kalau Anda tidak melakukan hal yang salah," tutup Tom Jones.

 


(ELG)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

1 day Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA