Andien Gelar Pameran Bersama Siswa ATC Widyatama

Cecylia Rura    •    30 Agustus 2018 06:00 WIB
andien
Andien Gelar Pameran Bersama Siswa ATC Widyatama
Jumpa pers pameran Warna-warna (Foto: dok. andien manajemen)

Jakarta: Merayakan peluncuran singel Warna-warna, penyanyi Andien mengadakan pameran seni menggandeng murid-murid dari Art Therapy Center Widyatama (ATC Widyatama). Warna-warna merupakan singel dari album Metamorfosa. Pameran ini berlangsung di Dia.Lo.Gue Art Space Jakarta Selatan.

Karya dari 14 murid ATC Widyatama turut dipamerkan dalam acara ini di antaranya Dwi Andini Maaruf, Faiz Muhammad, Ghany Aziz, Mulyo Rahardjo, Abiyan Zahran, Adryan Adi, Angkasa Nasrulah Emir, Nazario P., Ariq Rabanni, Hilary Sasabilla, Ahmad Taufan, Akbar Alliya, M. Ichsan Nabil dan Naufal Radiansyah. Jumlah karya yang dipamerkan adalah 62 karya, yang terbagi dalam 3 kategori yaitu karya murni penciptaan (karya orisinil), karya yang menggunakan referensi foto sebagai objek kekaryaan, dan karya re-make, cycling, inspiring, dan duplicating.

Selain sebagai bagian dari selebrasi, acara ini sekaligus bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap anak-anak berkebutuhan khusus dan memandang mereka dari perspektif berbeda.



Art Therapy Center Widyatama (ATC Widyatama) adalah lembaga pendidikan kesenian di Bandung yang mendidik anak berkebutuhan khusus menggunakan ilmu seni sebagai metode terapi. Didirikan sebagai realisasi misi mencerdaskan anak bangsa tanpa kecuali; reguler dan penyandang disabilitas.

Dilansir dari keterangan pers kepada Medcom.id, selama lebih dari 10 tahun lamanya penelitian ditemukan Metode Sensasi yakni metode stimulasi sensori berbasis kreatif yang merupakan aspek-aspek dalam seni, yakni audio, visual dan kinetis.

Metode Sensasi ditemukan oleh Ibu Anne Nurfarina, yang merupakan direktur ATC Widyatama. Metode ini merupakan dasar dari sistem belajar bagi siswa ATC Widyatama untuk membangun behaviour, skill, dan kemampuan bekerja, melalui sinergi antara aspek spiritual, budaya, sosial dan dunia usaha di bidang industri kreatif. Siswa dilatih kemampuannya agar bisa memahami ilmu yang dipelajari, teknis, dan konsep serta lingkungan dunia kerja. Siswa-siswi ATC Widyatama diharapkan dapat bertahan dalam kehidupan lewat pembekalan ilmu praktis yang dapat diaplikasikan dalam dunia kerja, khususnya di industri kreatif.

Anunsiata Srisabda, satu di antara pengajar di ATC Widyatama sekaligus kurator karya memaparkan anak-anak berkebutuhan khusus melalui ragam proses membentuk kemampuan berkonsentrasi dan rasa toleransi. Berkarya juga turut mengasah sistem motorik halus anak.

Selain pameran karya seni, ragam aktivitas seperti talkshow diadakan pada 1 September dan dialog bersama tim Human Resource dan Brand Marketing pada 5 September 2018.

Pameran Warna-warna berlangsung mulai 29 Agustus-9 September 2018.

 


(ELG)