9 Fakta Kematian John Lennon

Sri Yanti Nainggolan    •    09 Desember 2015 15:29 WIB
john lennon
9 Fakta Kematian John Lennon
John Lennon (Foto:AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selasa, 8 Desember, 30 tahun yang lalu, vokalis The Beatles John Lennon dibunuh saat sedang berjalan menuju rumahnya di gedung Dakota di New York City.

Ubin mosaik "Imagine" yang terdapat di Central Park New York yang merupakan bentuk penghormatan kepada Lennon menunjukkan bahwa kematiannya membuat fans berduka.

Kematian Lennon masih dikenang hingga kini. Dan, berikut ini fakta seputar kematian sang legenda musik.

1. Berfoto dengan istri
Hari itu, Lennon berfoto dengan istri Yoko Ono untuk majalah Rolling Stone dalam rangka promosi album Double Fantasy. "Kami mengambil foto polaroid dan kemudian kami bertiga menyadari bahwa foto itu sangat mendalam," tutur Annie Leibovits, sang fotografer. Foto itu dijadikan sampul majalah Rolling Stone pada 22 Januari 1981.

2. Sempat bertemu pembunuh
Sore itu, pukul 17.00 waktu setempat, Lennon dan Ono akan pergi ke studio rekaman. Mereka bertemu Mark David Chapman. Lelaki berusia 25 tahun itu meminta tanda tangan Lennon dan Lennon memberikannya.

3. Cuaca hangat
Cuaca yang hangat membuat Lennon dan Ono berjalan kaki. Saat sedang berjalan di trotoar, Chapman menembak Lennon hingga lima kali. "Saya mendengar Ono berteriak minta tolong. Lalu, saya melihat seorang lelaki dengan senjata dan meletakkannya di sebelahnya di tanah," ujar Nina McFadden, penduduk lokal, kepada New York Daily News.

4. Meninggal sebelum tiba di rumah sakit
Lennon dinyatakan sudah meninggal saat tiba di Roosevelt Hospital. Namun pihak dokter masih berusaha 20 menit untuk menyelamatkannya.

5. Kematian diumumkan di acara olahraga
Kabar duka kematian Lennon disiarkan dalam acara Monday Night Football yang saat itu tengah menayangkan pertandingan antara New England Patriots dan Miami Dolphins.

6. Chapman ditangkap beberapa menit setelah kejadian
Ketika di persidangan, Chapman menyatakan alasannya membunuh adalah untuk mencari perhatian karena Lennon sangat terkenal. Dia membawa buku The Cathcer in the Rye saat menembak Lennon.

7. Tidak ada pemakaman
Yoko Ono meminta diadakan mengheningkan cipta selama 10 menit pada 14 Desember 1980. Lennon meninggalkan dua anak, Julian dan Sean, serta seorang mantan istri, Cynthia Lennon.

8. Chapman masih dipenjara
Pria yang kini telah berusia 60 tahun itu telah delapan kali ditolak ketika mengajukan pembebasan bersyarat. Pada Agustus 2014, Chapman mengaku sedang dalam keadaan tertekan ketika menyerang Lennon. CNN melaporkan bahwa kini Chapman telah bertobat dan memint maaf atas perbuatannya. "Saya minta maaf karena idiot dan memilih cara yang salah untuk merasa bangga," ucap Chapman.

9. Yoko Ono masih tinggal di Dakota
Meski daerah itu merupakan tempat pembunuhan Lennon, Ono tidak meninggalkan tempat yang berdekatan dengan Central, yang diakui lebih dari 120 negara sebagai taman perdamaian.


(ROS)