Pakaian Hitam Dominasi Perayaan Golden Globes 2018

Purba Wirastama    •    08 Januari 2018 19:03 WIB
film hollywood
Pakaian Hitam Dominasi Perayaan Golden Globes 2018
Reese Witherspoon, Eva Longoria, Salma Hayek dan Ashley Judd menghadiri Golden Globe Awards 2018 di California. (Foto: The Globe and Mail / FREDERICK M. BROWN / GETTY IMAGES)

California: Golden Globes 2018 menjadi perayaan besar pertama di Hollywood setelah isu pelecehan seksual menyeruak dalam beberapa bulan terakhir. Tak ingin sia-sia melewatkan momen ini, para figur gerakan kolektif Time's Up datang dengan pakaian serba hitam. 

Seperti dilaporkan BBC Inggris, perayaan di Beverly Hills pada Minggu petang (7/1) waktu setempat ini didominasi warna hitam dari pakaian yang dipakai para bintang Hollywood. Tak hanya perempuan, tapi juga lelaki.

Kampanye ini diserukan pertama kali oleh Time's Up, gerakan kolektif yang melibatkan 300-an perempuan Hollywood, dari aktris hingga eksekutif. Aksi hitam merupakan bentuk dukungan simbolik bagi korban pelecehan seksual di tempat kerja yang kebanyakan perempuan. 

Time's Up sendiri diumumkan ke publik pada hari pertama 2018 lewat beberapa media, termasuk iklan satu halaman di surat kabar New York Times dan La Opinion. Gerakan ini menanggapi kritik atas #MeToo, gerakan serupa yang dinilai terlalu fokus hanya ke sosok terkenal Hollywood. 

Tak hanya pakaian simbolik, sejumlah peraih piala Golden Globe juga menyerukan 'kesadaran baru' saat pidato kemenangan. Nicole Kidman misalnya, yang mendapat piala pertama malam itu, mendedikasikan kemenangan bagi rekan aktris, anak, serta ibunya.

"Wow, kekuatan perempuan," ujar Nicole, dikutip dari BBC. 

Oprah Winfrey, penerima piala kehormatan Cecil B DeMille, memberi pidato hangat yang disambut meriah oleh para tamu. Oprah adalah perempuan kulit hitam pertama yang mendapat penghargaan ini.

"Sudah sejak lama perempuan tidak didengar atau dipercaya jika mereka berani menyerukan kebenaran terhadap kekuasaan para pria itu, tapi waktu mereka sudah habis. Waktu mereka sudah habis!" ucapnya, dikutip dari BBC. 

"Hari baru di ufuk langit," ucap Oprah saat menutup pidato.

Pembawa acara Seth Meyers juga ikut mendukung isu tersebut dengan beberapa kelakar mencairkan suasana. Salah satunya saat membuka acara. 

"Untuk para nominee pria yang hadir di sini malam ini, ini adalah kali pertama dalam tiga bulan, kalian tak perlu takut saat nama kalian dibacakan dengan keras," tukas Seth. 

Golden Globes adalah ajang penghargaan film dan televisi yang dikelola oleh Hollywood Foreign Press Association. Acara ini kerap dijadikan indikator film mana yang akan menang dalam Piala Oscar. 




(ASA)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA