Wuih, Rio Dewanto Gemar Baca Buku tentang Mafia

Anindya Legia Putri    •    03 April 2017 07:35 WIB
bukuuntukindonesia
Wuih, Rio Dewanto Gemar Baca Buku tentang Mafia
Rio Dewanto (Foto:MI/Permana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hidup pada era digital membuat kehidupan semakin mudah. Termasuk dalam hal membaca. Kini, orang tak perlu lagi membuka koran atau majalah. Semua informasi bisa didapat melalui gadget.

Buku pun demikian. Berkembangnya produk buku digital (e-book) memberikan ragam cara mengakses informasi. Walau demikian, aktor Rio Dewanto lebih menyukai membaca buku secara fisik daripada melalui e-book.

"Saya sampai detik ini untuk membaca skenario saja, saya tidak suka membaca online, misalnya dari email. Beda ritualnya ketika kita membaca setiap lembar kertas buku. Saya lebih suka membaca buku," ujar Rio kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu..

Suami Atiqah Hasiholan ini mengaku, menjadikan buku sebagai sumber informasi berbagai hal. Mulai dari belajar akting, hingga cara menjadi orang tua yang baik.

"Ketika mencari informasi sesuatu hal, saya pasti mencarinya melalui buku. Seperti contohnya ketika saya belajar akting, saya biasanya membeli beberapa buku tentang teknik berakting, metode berakting. Dan saat ini ketika istri saya hamil, kami juga membeli buku bagaimana menjadi seorang ayah, dan bagaimana menghadapi proses kelahiran," tutur Rio.

Bintang film Filosofi Kopi itu mengatakan, banyak manfaat yang diperoleh dari membaca buku. "Ada ungkapan yang bilang bahwa buku adalah jendela dunia. Ya, itu betul banget.  Kita bisa melihat dunia yang besar ini dengan membaca buku," ujarnya. Namun Rio pun mengungkapkan keprihatinannya melihat minat baca buku masyarakat Indonesia yang sangat rendah padahal buku memiliki segudang manfaat.

Sebagai orang yang menyukai kegiatan membaca buku, Rio memiliki buku favorit. Dia suka membaca buku yang bercerita tentang mafia. Selain karena ceritanya, Rio menyukai buku bertema mafia karena banyak memberikan inspirasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan.

"Saya dari kecil suka banget sama buku karya Mario Puzo. Saya suka buku terkait mafia. Buku-buku fiksi. Salah satu quote yang melekat yakni  'keep your friend close and your enemies closer.' Dan itu terjadi ketika saya menjalani bisnis, terlepas bahwa kita kompetitif atau tidak, itu nyata terjadi. Saat pesaing kita melakukan sesuatu, pasti kita ingin lebih dari itu," ucap Rio.


(ROS)

Giring Nidji Keputusan Vakum dan Visi Politik

Giring Nidji Keputusan Vakum dan Visi Politik

3 days Ago

Setelah lima belas tahun Bersama Nidji, Giring Ganesha mengambil keputusan besar untuk vakum.

BERITA LAINNYA