Pencak Silat

Gervin Nathaniel Purba    •    10 Maret 2019 19:00 WIB
galeriindonesiakaya
Pencak Silat
Iko Uwais (kiri) berbincang dengan Pelatih Atlet Nasional Pencak Silat Indonesia Sunarno dalam program IDEnesia. (Foto: Metro TV)

Jakarta: Pencak silat merupakan salah satu warisan seni, tradisi, dan budaya yang sudah lama di Indonesia. Perkembangan pencak silat pun meluas hingga kepelosok  daerah di Indonesia.

Sejatinya, pencak silat memiliki beragam aliran dan cabang. Sehingga setiap daerah di Indonesia memiliki aliran dan cabang pencak silat yang beragam pula sesuai dengan ajaran turun temurun nenek moyang.

Perlahan, pencak silat mulai dikenal di dunia internasional. Hal ini tidak lepas dari peran Iko Uwais sebagai aktor laga film sekaligus mantan atlet pencak silat. Iko, sapaannya, juga menjadi salah satu aktor yang membangkitkan kembali pencak silat Indonesia di wajah dunia Internaisonal.

Dia menggunakan pencak silat dalam melakoni berbagai aksi di film tanpa adanya peran pengganti. Apa lagi, dia juga membawa berbagai koreo atau gerakan-gerakan pencak silat ke dalam film-film yang diperankannya.

Selanjutnya ada Sunarno, seorang budayawan sekaligus pelatih atlet nasional pencak silat Indonesia. Sunarno juga menjadi salah satu pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia, sebuah organisasi utama pencak silat dari berbagai aliran dan cabang di Indonesia.

Sunarno sendiri juga merupakan seorang anggota dan pelatih cabang pencak silat bernama Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Teratai Indonesia. Organisasi ini juga merupakan salah satu aliran pencak silat tertua dan disegani di Indonesia.

Ikuti terus bangkitnya pencak silat di wajah internasional dalam program IDEnesia, pada Minggu, 10 Maret 2019, pukul 21.30 WIB, di Metro TV.


(ROS)