Erix Soekamti & DOES University Wujudkan Universitas Gratis

M Studio    •    14 Juli 2017 08:17 WIB
berita telkom
Erix Soekamti & DOES University Wujudkan Universitas Gratis
Erix Soekamti (tengah) -- Foto:Media Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun ke-52, Telkom menyelenggarakan Telkom CSR Days pada Rabu dan Kamis, 12-13 Juli 2017, pukul 09.00 – 17.00 WIB, di Area Telkom Landmark Tower, Jakarta.  

CSR Days merupakan perwujudan tema ulang tahun ke-52 Telkom, yaitu "Telkom Indonesia, Untuk Indonesia." Salah satu acara dalam CSR Days tersebut adalah pemberian bantuan kepada individu dan komunitas yang dinilai berhasil mengembangkan diri dan menginsipirasi lingkungannya.

Salah satu penerima bantuan adalah Erix Soekamti, yang dikenal sebagai personel band Endank Soekamti asal Yogyakarta. Erix Soekamti saat ini dikenal sebagai anak muda Yogyakarta yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pengembangan anak pendidikan  melalui pendirian DOES University. DOES University  merupakan sekolah gratis untuk mencetak individu-individu yang  inovatif, kreatif serta mandiri.

Fokus DOES University pada pelatihan animasi, compositor, dan 3D modeller. Proses belajar di DOES University menggunakan sistem karantina selama 6 bulan, seluruh keperluan parasiswa (tempat tinggal, alat dan media belajar, serta kebutuhan sehari-hari seperti, makan dan minum selama menempuh pelajaran) ditanggung  DOES University.

Pendanaan DOES University diusahakan sendiri oleh Erix yang antara lain diperoleh dari penjualan merchandise yang merupakan hasil kolaborasi dengan banyak perajin di sekitar Yogyakarta, seperti cincin perak, tas, topi, dan lain-lain. Dengan demikian ekonomi sekitar pun turut bergerak.

Selain gratis, DOES University juga akan menyediakan guru-guru yang memang sudah kompeten di bidangnya. Beberapa public figure menjadi pengajar di DOES University. DOES University angkatan pertama pada tahun 2015 diikuti oleh 10 siswa yang berlatar belakang berbeda dan berasal dari berbagai daerah, seperti Jogja, Bandung, Surabaya, Balikpapan, Bali, dan lain-lain.

Ke depannya, Erix berkomitmen ingin menghasilkan Siswa DOES University yang berkualitas dan dapat menghasilkan karya yang mendunia Selain itu, Erix juga membuat kurikulum pendidikan untuk satu tahun. DOES University sendiri lebih mengembangkan inovasi dan  kreativitas. Dalam pandangan Erix kreativitas memberikan efek kepada komunitas, lingkungan dan industri sekitar.

Salah satu kreativitas DOES University adalah dalam pemanfaatan media sosial, berkat aktivitasnya sebagai Vloger, Erix Soekamti dan DOES University kini semakin dikenal. Berkat usaha Erix Soekamti yang ingin mengajar tanpa memandang latar belakang seseorang, membuat Erix menjadi salah satu penerima bantuan pada Telkom CSR Days 2017.


(ROS)