Aktris Beanie Feldstein Tak Suka Dipuji Kurusan

Sri Yanti Nainggolan    •    02 Desember 2017 08:11 WIB
selebritas
Aktris Beanie Feldstein Tak Suka Dipuji Kurusan
Beanie Feldstein (Foto: gettyimages)

Jakarta: Aktris Beanie Feldstein menuliskan sebuah esai tentang bagaimana komentar orang terhadap perubahan berat badannya yang menurun drastis hingga dua ukuran di bawah ukuran normal dia.

"Akhir-akhir ini, saya banyak mendengar komentar 'Beanie, Anda terlihat luar biasa! Anda kehilangan setengah dari berat badanmu!' atau 'Beanie, Anda terlihat kecil!' dari keluarga atau teman-teman. Bahkan, terapis saya juga demikian," tulisnya dalam Refinery29.

Pemain Lady Bird (2017) tersebut mengaku bahwa masalah berat badan sudah dialaminya sejak kecil dan remaja, dan sangat memengaruhinya secara mendalam. Namun, sejak lulus SMA, ia sudah merasa nyaman dengan tubuhnya.

"Saya gemuk dan itu mengerikan!" ungkapnya. Ketika memasuki masa kuliah, ia merasa citra diri tidak lagi menjadi beban pikiran karena berat badannya cenderung konstan dan tak ada yang berkomentar.

Bulan lalu, ketika ia mengunjungi keluarga, orang-orang pun mulai berkomentar tentang penurunan berat badannya. "Saya merasa tubuh saya adalah satu-satunya topik dalam pembicaraan dan sejujurnya, itu mengacaukan kepala saya."

"Setelah rasa sakit bertahun-tahun, akhirnya saya menemukan ketenangan dimana kebanyakan orang tak peduli dengan ukuran tubuh. Dan segala 'pujian' itu mengambil kedamaian tersebut."

Beanie sadar bahwa komentar orang-orang terdekatnya bermaksud baik, namun ia tak menerimanya demikian.

"Setelah bertahun-tahun merasa tak dihakimi oleh diri sendiri atau orang lain, kemudian hal itu terlihat lagi."

Ia pun meminta hal sederhana: berhenti memuji seseorang berdasarkan bentuk tubuh.

"Perubahan tubuh seseorang adalah bukan hal yang harus Anda bahas dengan jelas. Karena, saya di sini untuk memberi tahu Anda bahwa pujian yang bermaksud baik sekalipun bisa membuat marah. Dalam kasus saya, dimana membawa kembali bagaimana perasaan saya tentang tubuh saya bertahun-tahun lalu. Dan saya tak ingin hal itu terus berlanjut."

Beanie menambahkan bahwa dia bertekad untuk mengembalikan pola pikir lamanya dan dia ingin orang lain membantunya melakukannya.

"Jika Anda ingin dicintai dan mendukung, berhentilah berbicara dengan saya tentang tubuh saya. Karena jujur, hal itu hanya akan sangat membantu para gadis di luar sana jika Anda berhenti mengatakan bahwa saya terlihat kurus!"



 


(ELG)