Selebriti yang Sempat Berprofesi sebagai Guru

Cecylia Rura    •    25 November 2017 19:00 WIB
selebritas
Selebriti yang Sempat Berprofesi sebagai Guru
JK Rowling pernah menjadi guru (Foto: gettyimages)

Jakarta: Di Indonesia, profesi guru diakui sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa berkat ilmu dan didikan yang ditanamkan kepada para siswa. Sebagai bentuk penghormatan kepada para guru, tanggal 25 November tiap tahun diperingati sebagai Hari Guru Nasional di Indonesia, sekaligus memeringati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang dibentuk sejak 1945.

Selain sebagai pelaku seni, rupanya ada beberapa nama selebriti Indonesia yang pernah merambah dunia pendidikan sebagai guru. Berikut ini beberapa nama selebriti yang sempat mencicipi profesi sebagai guru.

1. Dik Doank

Di samping sebagai musisi dan pembawa acara, pemilik nama aslik Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma ini pernah mendirikan sekolah alam "Kandank Jurank Doank" di kawasan Jurangmangu, Ciputat, Tangerang. Dik mendirikan sekolah ini bagi anak-anak kurang mampu serta sulit mendapatkan pendidikan yang layak.

Sejak 2004 silam Dik mendirikan Yayasan Dik Doank yang menaungi sekolah dan memperkenalkan pendidikan dan mengembangkan bakat anaka-anak. Ia juga memberikan bekal bermain sepak bola kepada anak-anak.

2. Hugh Jackman

Pada waktu peralihan waktu sekolah menuju Sydney University di jurusan Komunikasi, aktor Wolverine ini pernah bekerja sebagai asisten guru di Uppingham School, Leicestershire.

3. Susan Bachtiar

Presenter sekaligus model Susan Bachtiar hingga kini tercatat sebagai guru bahasa Inggris di Taman Kanak-kanan St. Theresia. Susan merupakan alumni sarjana bahasa Inggris dari Universitas Katolik Atmajaya Jakarta.

4. J.K. Rowling

Awal tahun 90-an penulis buku legendaris Harry Potter J.K. Rowling pernah mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Portugal. Kenangan sebagai guru itu dicicipinya sebelum bercerai dari sang suami dan dikaruniai seorang anak perempuan. Ia kemudian memilih untuk pindah ke Edinburgh dan menjadi bintang literasi dunia.

5. Gene Simmons

Saat bermain bersama band Wicked Lester sebelum bergabung dengan band Kiss, Gene Simmons atau lebih populer dengan nama Chaim Witz pernah bekerja sebagai guru kelas enam di Harlem Spanyol.



 


(ELG)