Buku Harian John Lennon yang Dicuri Telah Ditemukan

Agustinus Shindu Alpito    •    23 November 2017 10:54 WIB
john lennon
Buku Harian John Lennon yang Dicuri Telah Ditemukan
Barang memorabilia milik John Lennon memang menjadi incaran para kolektor dunia.

Berlin: Buku harian John Lennon yang sempat hilang dicuri akhirnya ditemukan di Berlin, Jerman. Tidak hanya buku, sekitar seratus barang milik personel The Beatles yang pernah dicuri akhirnya dipublikasikan oleh polisi.

Buku harian Lennon sendiri dipajang di kantor pusat kepolisian Berlin bersama barang-barang ikonik lain yang sempat hilang, termasuk kotak rokok. Barang-barang itu dicuri dari Yoko Ono pada 2006.

Diberitakan BBC, penemuan berawal dari Yoko Ono yang mengenali barang-barang itu lewat foto-foto yang ditunjukan oleh konsulat Jerman di New York. Barang-barang itu disita oleh polisi pada Juli lalu dari sebuah rumah lelang di ibukota Jerman.

Dalam kasus ini polisi menahan pria berusia 58 tahun dan menetapkan tersangka kedua, seseorang yang pernah bekerja untuk Ono. Namun, tersangka kedua itu masih masih buron.

Barang memorabilia milik John Lennon memang menjadi incaran para kolektor dunia.  Pada 2015, gitar Lennon yang sempat hilang terjual dengan harga fantastis, Rp32,8 miliar. Pada awal tahun ini, jaket yang pernah dikenakan Lennon bahkan terjual seharga Rp165 juta. Nilai yang fantastis ini membuat para pencuri tergiur untuk mengambil barang-barang ikonik sang legenda.




(DEV)