Buku yang Menginspirasi Hivi! Mencipta Lagu

Gervin Nathaniel Purba    •    05 Juni 2017 06:56 WIB
bukuuntukindonesia
Buku yang Menginspirasi Hivi! Mencipta Lagu
Hivi! (Foto:Metrotvnews.com/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Buku adalah jendela dunia. Melalui buku, berbagai inspirasi akan berdatangan. Buku membuat orang semakin cerdas dan kaya wawasan.

Itulah yang dirasakan oleh salah satu personel Hivi! Febrian Nindyo Purbowiseso. Ia menceritakan, dengan membaca buku bisa belajar banyak hal dan menilai suatu permasalahan dari berbagai sisi.

"Pepatah buku adalah jendela dunia itu memang benar banget. Bisa belajar banyak hal dan pandangan banyak hal lewat sebuah buku. Dari satu buku, saya bisa melihat banyak," ujar Febrian kepada Metrotvnews.com.

Soal buku yang disukainya, Febrian mengaku gemar membaca buku biografi, buku tentang memperbaiki diri (self improvement), dan komik. Di tengah kesibukan, ia selalu menyempatkan waktu untuk membaca buku.

"Susah mau tidur kalau tidak membaca. Jadi, sebelum tidur baca," ucap Febrian.

Dengan membaca buku, ia bisa memperoleh inspirasi menciptakan lirik dan memperkaya kosa kata dalam sebuah lagu. "Saya jadi banyak kosa kata di kepala. Untuk mengungkapkan sesuatu, menulis lirik dan ngomong, jadi lebih bisa terbantu," kata gitaris Hivi! Itu.

Manfaat membaca buku yang dirasakan Febrian belum tentu dirasakan juga oleh anak-anak di pelosok daerah. Sulitnya distribusi buku hingga ke daerah pelosok, harga buku yang mahal, menjadi kendala anak-anak di pelosok dalam memperoleh bacaan.

Melihat kondisi ini, kita tidak bisa hanya berpangku tangan. Anda pun bisa berperan dalam membawa perubahan dengan terlibat dalam gerakan #BukuUntukIndonesia. Gerakan ini memiliki semangat untuk membagikan buku gratis ke seluruh daerah pelosok di Indonesia.

Awali langkah kebaikan Anda dengan mengunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com.  Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.

Dengan berbagi minimal Rp100 ribu, Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Nantinya, dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.

Febrian pun menyambut baik gerakan ini. Apalagi, minat membaca masyarakat Indonesia masih rendah. Melalui gerakan ini, ia berharap kegemaran membaca masyarakat Indonesia akan bertambah.

Pada kesempatan yang sama, personel Hivi! lainnya, Ilham Aditama menyampaikan harapannya agar gerakan ini bukan sekadar membagikan buku. Namun lebih dari itu, bisa sekaligus membimbing anak-anak dan masyarakat untuk mulai menumbuhkan minat membaca.

"Kalau bisa disadarkan lagi bahwa membaca itu penting. Juga diajari membaca. Akan percuma kalau cuma menaruh buku di pelosok, tapi mereka tidak bisa membaca. Harus bisa ada edukasi juga kepada mereka," ucap Ilham.


(ROS)

Radhini, Awal Menuju Jalan Panjang

Radhini, Awal Menuju Jalan Panjang

22 minutes Ago

Perempuan 29 tahun itu mengawali debut karier sebagai penyanyi solo melalui singel Cinta Terbes…

BERITA LAINNYA