Tak Cuma Cantik, Raisa Punya Satu Kebiasaan yang Bikin Tercengang

Gervin Nathaniel Purba    •    01 Mei 2017 08:09 WIB
bukuuntukindonesia
Tak Cuma Cantik, Raisa Punya Satu Kebiasaan yang Bikin Tercengang
Raisa (Foto:MI/Immanuel Antonius)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyanyi Raisa Andriana dikenal karena parasnya yang cantik dan suaranya yang merdu. Tak cuma itu, rupanya Raisa punya satu kebiasaan yang bikin tercengang.

Di tengah era digitalisasi seperti sekarang ini, Raisa masih sempat membaca buku. Bukan buku digital yang bisa diunduh via smartphone, melainkan buku fisik. Sebuah kebiasaan yang mulai langka dilakukan orang pada umumnya.

Raisa memiliki kegemaran membaca buku novel psikologi. Menurutnya, novel tersebut sangat menarik.

"Novel psikologi sangat menarik. Aku suka menganalisa, suka mempelajari human connection. Jadi, aku suka banget baca novel tentang psikologi," ujar Raisa, di Jakarta.

Kebiasaan membaca buku pun ternyata tak cuma satu atau dua bulan terakhir ia lakoni. Membaca buku rutin dilakukannya sejak kecil. Adalah sang ayah yang mendidik Raisa agar menyukai buku sejak dini.

"Ayahku gila baca buku dan selalu mengajari anak-anaknya agar membaca buku. Dia suka tanya tentang sesuatu hal, itu bagaimana sih caranya. Sebenarnya, dia sudah tahu jawabannya. Itu cuma cara dia untuk menggugah kita agar mencari jawaban di buku. Ayah suka bilang, 'Coba deh, buka buku itu. Kalau enggak tahu, besok kita beli buku tentang itu'," kata Raisa, mengenang masa kecilnya.

Semasa kecil, penyanyi yang kini berusia 26 tahun itu senang membaca beragam buku. Mulai dari buku tentang binatang hingga buku berisi ilmu pengetahuan alam.

Raisa merasakan manfaat membaca buku. Buku sangat membantu mengembangkan imajinasi dan menambah kosakata.

"Kalau nonton film, kita disuguhi visual. Jadi kita cukup melihatnya saja. Beda dengan membaca buku. Kita bisa berimajinasi lebih banyak di otak kita. Jadi menurutku, buku itu penting dan seru," kata pelantun Mantan Terindah ini.

Kegemaran Raisa membaca buku ini tentu menginspirasi. Bayangkan, jika semua generasi  muda bangsa Indonesia gemar membaca buku, maka akan muncul penerus bangsa yang berkarakter dan berwawasan luas. Sayangnya, saat ini minat baca masyarakat masih rendah. Indonesia menduduki peringkat 60 dunia dalam hal kegemaran membaca buku.

Minimnya minat baca dipengaruhi sejumlah faktor, seperti mahalnya harga buku dan terbatasnya akses mendapatkan buku. Masyarakat yang tinggal di pelosok kesulitan memperoleh buku karena distribusi yang tidak merata.

Akibatnya, anak-anak di daerah kehilangan kesempatan memperluas wawasan dan pengetahuan. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Kita harus berbuat sesuatu. Melalui gerakan #BukuUntukIndonesia, Anda dapat terlibat dalam penyediaan akses buku untuk anak-anak Indonesia.

Awali langkah kebaikan Anda dengan mengunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com.  Klik tombol "berbagi" di website Buku Untuk Indonesia. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.

Dengan berbagi minimal Rp100 ribu saja Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Nantinya, dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.

Gerakan #BukuUntukIndonesia mendapat tanggapan positif dari Raisa. Selama ini, ia bersama teman-temannya selalu menyumbangkan buku untuk anak-anak yang membutuhkan. Raisa menyadari, tidak setiap anak bisa memeroleh buku karena kesulitan finansial.

"Kalau ada gerakan buku yang lebih besar lagi, itu bagus banget, terutama buku untuk anak-anak di daerah. Sebab, semakin jauh dari percetakan, maka harga buku makin mahal. Di sini buku harganya Rp25 ribu, di daerah bisa Rp80 ribu. Sudah daerahnya sulit dijangkau, harga bukunya pun lebih mahal. Aku mendukung banget gerakan #BukuUntukIndonesia," ucap Raisa.


(ROS)

Giring

Giring "Nidji," Keputusan Vakum dan Visi Politik

2 days Ago

Setelah lima belas tahun Bersama Nidji, Giring Ganesha mengambil keputusan besar untuk vakum.

BERITA LAINNYA