Jerinx 'SID' Tak Segan Tegur Bule Tak Beretika di Bali

Agustinus Shindu Alpito    •    01 Oktober 2014 10:28 WIB
superman is dead
Jerinx 'SID' Tak Segan Tegur Bule Tak Beretika di Bali
Personel Superman is Dead, Jerinx (Foto:Metrotvnews.com/Agustinus Shindu A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa waktu lalu, I Gede Ari Astina atau akrab disapa Jerinx, mengunggah sebuah foto seorang wisatawan mancanegara hampir bugil berpose di daerah Kuta.

"Di bawah turis kurang ajar ini ada Canang. Canang adalah persembahan suci umat Hindu kepada Tuhan," tulis Jerinx melalui akun Twitter disertai foto seorang bule yang berpose hampir bugil di atas sebuah sesaji.

Mengapa personel band Superman is Dead ini begitu reaktif menanggapi ulah wisatawan asing yang kurang beretika? Metrotvnews.com mendapatkan jawaban langsung dari Jerinx, Selasa (30/9/2014) malam.

"Saya dari kecil di Bali, di Kuta. Dulu, wisatawan di Bali memiliki rasa hormat terhadap warga lokal, budaya lokal. Auranya enak, saling menghargai, saling bertukar pikiran. Kalau sekarang, mereka memperlakukan Bali Selatan khususnya seenaknya saja. Memang tidak semua turis. Banyak turis yang baik juga," kata Jerinx saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

"Karena di negara mereka penuh peraturan. Minum di jalan tidak boleh, berpakaian tidak sopan ditangkap. Mereka manfaatkan perilaku seenaknya saat di Bali. Karena mereka tahu hukum kita lemah," sesal Jerinx.

Sebagai warga Kuta yang daerahnya sudah habis digerus industri pariwisata, Jerinx tidak segan-segan menegur langsung para wisatawan yang menurutnya tidak menghargai norma kesopanan, khususnya terhadap budaya Bali.

"Saya sudah capek berantem. Banyak banget kasus berantem sama orang asing. Kita di mata orang asing (wisatawan) lemah, bodoh, mungkin mereka anggap kita budak. Padahal, kalau enggak ada Bali, mereka mau liburan ke mana?" sungutnya.

Bagi penggebuk drum band Superman Is Dead itu, butuh keterlibatan berbagai pihak untuk bisa membangun kesadaran bersama tentang norma-norma dalam berwisata, serta sikap saling mendukung antara penduduk lokal dengan wisatawan.


(ROS)

Kaca Benggala Polemik Jerinx SID dan Via Vallen

Kaca Benggala Polemik Jerinx SID dan Via Vallen

3 days Ago

Dapat disimpulkan, Jerinx adalah korban dari sikap 'lancang' Via Vallen dan beberapa pe…

BERITA LAINNYA