Miing Yakin Bagito Grup Lawak Paling Lengkap soal Pengarsipan

Elang Riki Yanuar    •    27 Oktober 2016 12:08 WIB
bagito
Miing Yakin Bagito Grup Lawak Paling Lengkap soal Pengarsipan
Bagito (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perjalanan panjang Bagito di dunia lawak akan menjadi pelajaran bagi generasi selanjutnya. Miing, Didin dan Unang sepertinya menyadari hal itu sejak dulu. Mereka rutin mengarsipkan dokumentasi perjalanan karier sejak pertama kali berdiri pada 1978.

Sejumlah kliping koran yang menampilkan berita Bagito, foto hingga naskah asli masih tersimpan rapi. Didin dipercaya merawat benda berharga itu.

"Saya bagian dokumentasi Bagito. Soal naskah masih asli. Materi lagu. Begitu dibongkar lagi, materinya masih ada," kata Didin saat berbincang dengan Metrotvnews di Jakarta.

"Kliping koran dari tahun 1978 sampai 2004 tentang Bagito itu ada. Saya berani bertaruh, kelompok lawak yang ada di Indonesia, Bagito yang terlengkap dokumentasinya," timpal Miing.

Bagito juga masih menyimpan rekaman audio ketika mereka masih melawak di radio. Termasuk sejumlah rekaman video Bagito Show (Basho) yang dulu ditayangkan di televisi.

"Dokumentasi dari betacam, betamax, dvd, semua masih ada. Ada film masih format laser disc. Dulu kan kita punya kantor, setelah kantornya tidak ada lagi Didin yang rawat," ujar Miing.

Semua arsip itu akan Bagito tampilkan dalam acara reuni bertajuk Bagito Return. Acara Bagito Return akan digelar 2 November 2016 di The Hall, Senayan City, Jakarta mulai pukul 19.00 WIB.  

"Nanti akan ada pameran, itu semua berita Bagito dari zaman ke zaman masih ada. Termasuk buku soal Bagito. Nanti ada mutar film Bagito, terus episode-episode Basho, itu semua lengkap," urai Didin.

"Kita sengaja merawat dokumentasi itu, supaya ada anak muda melihat sejarah Bagito," ucap Miing menambahkan.

 


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA