4 Karya Populer Novelis Charles Dickens

Cecylia Rura    •    07 November 2017 19:01 WIB
novel
4 Karya Populer Novelis Charles Dickens
Charles Dickens (Foto: via bbc)

Metrotvnews.com, Jakarta: Charles Dickens merupakan seorang penulis sekaligus novelis kelahiran Portsmouth, Inggris. Nama Dickens begitu populer di era Victoria abad ke-19. Ia termasuk orang yang sangat berpengaruh kala itu.

Lewat karyanya, selain berbagi cerita kisah kehidupannya, ia juga menyalurkan aspirasinya sebagai kritikus sosial.

Meski ia tidak mendapatkan pendidikan formal yang cukup, Dickens dikenal jenius oleh beberapa kritikus dan ilmuwan di abad ke-20.


Charles Dickens (Foto: via bbc)

Beberapa karya novel dan cerita pendek Dickens begitu populer dan dikenal hingga saat ini.

1. Oliver Twist

Novel ini merupakan karya Dickens pertama yang memiliki unsur kritik. Di dalamnya, Dickens menceritakan kehidupan Oliver, sosok anak yatim piatu yang ditinggal oleh sang ibu setelah melahirkan dirinya. Sementara itu, Oliver tidak mengetahui siapa sosok ayahnya.

Selain itu, penonton juga diajak melihat kehidupan anak-anak pencuri di London.

Film ini menggabungkan elemen Gothic Romance, sebuah terobosan genre cerita dan melodrama populer.

Buku ini pertama kali dipublikasikan pada 1838.

2. A Christmas Carol

Cerita tentang Christmas Carol pertama kali diterbitkan pada 19 Desember 1843. Genre di dalamnya mengusung cerita tentang hantu-hantu di hari Natal yang dikenal dengan sebutan Christmas Carol.

Cerita ini terinspirasi dari keadaan keluarga Dickens yang sempat terlilit utang pada Oktober 1843. Ia kemudian bekerja sebagai penulis untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Selain itu, Dickens juga menggambarkan arti dari Natal melalui cerita ini.

Novel karya Dickens yang satu ini menyita banyak perhatian penggiat literatur karena alur ceritanya yang membuat banyak orang jatuh cinta.

3. Great Expectations

Tokoh utama dalam cerita ini, Pip, digambarkan sebagai anak lelaki yatim piatu, hampir mirip dengan tokoh Oliver dalam Oliver Twist.

Pip dikisahkan bercita-cita untuk menjadi sosok gentleman setelah melakukan pekerjaan kotor dalam hanya dalam beberapa pekan.

Dickens memberikan bumbu drama kriminal dan rasa bersalah, dendam serta rasa dihargai. Ia juga menyisipkan tokoh Magwitch, seorang narapidana yang menakutkan. Agar tidak terlalu tegang, Dickens menyelipkan karakter Estella, seorang perempuan cantik yang dengan mudah berbangga diri. Dan seorang wanita lain, Miss Havisham, sosok pengantin berwajah eksentrik.

Buku ini pertama kali diterbitkan pada 1861.

4. David Copperfield

Dalam buku yang diterbitkan pada November 1850 ini, Dickens mengisahkan petualangan seorang pemuda yang melewati masa kecil tak bahagia dan kehidupan miskin.

Di antara semua karakter, ada Murdstone, sosok ayah tiri David. Satu-satunya yang memberikan perhatian lebih pada David ditemani bibi yang tangguh. Sementara itu, ada sosok Dora dan Micawber, dua orang perempuan cantik yang menyita perhatian David.

Mengutip laman Good Reads, buku ini dinobatkan sebagai cerita favorit anak-anak.


 


(ELG)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

1 day Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA