Aktris dan Model Senior Titi Qadarsih Meninggal

Purba Wirastama    •    22 Oktober 2018 14:01 WIB
artis meninggal
Aktris dan Model Senior Titi Qadarsih Meninggal
Titi Qadarsih (Foto: Dok. Media Indonesia)

Depok: Artis senior Siti Gadarsih Sardjan alias Titi Qadarsih baru saja dikabarkan meninggal pada siang ini, Senin, 22 Oktober 2018. Kabar duka ini dibagikan oleh Indra Q putranya di media sosial.

"Innalillahi wa innailaihi rooji'uun. Telah berpulang ibunda kami tercinta Titi Qadarsih binti Sardjan," tulis Indra di postingan Instagram @indraqadarsih, seperti dikutip Medcom pada Senin siang. 

Menurut Indra, ibunya meninggal dalam perjalanan pulang menuju kediamannya di kawasan Cinangka, Depok, Jawa Barat. 

"Jika ada salah, mohon dimaafkan dan jika beliau punya tanggungan yang belum ditunaikan, mohon kabari kami. Terima kasih. Indra dan keluarga," lanjut Indra. 

Titi adalah seniman serba bisa 22 September 1945. Kariernya luas, meliputi aktris film dan teater, model, penari, dan penyanyi. Menurut data Katalog Film Indonesia, dia telah bermain dalam 24 film cerita panjang sejak 1966. Lewat film Jangan Ambil Nyawaku (1982), dia menjadi nomine aktris pendukung terbaik dalam Festival Film Indonesia. 

Setelah Jangan Kirimi Aku Bunga (1986), anggota Teater Populer dan Teater Koma ini absen dari  film selama 20 tahun dan bermain lagi sebagai pemain pendukung dalam Ungu Violet (2005). Film-film Titi dalam 10 tahun terakhir antara lain Kembang Perawan (2009), Madre (2013), Manusia Setengah Salmon (2013), dan From London to Bali (2017). 

Dalam musik, Titi pernah aktif dalam grup vokal Trio Salanti atau Salanti Bersaudara. Dia juga sempat berkarier sebagai penyanyi solo. Salah satu kolaborasi populer Titi adalah bersama Gombloh dalam lagu dan video musik Apel. Belakangan, Titi juga mendirikan sekolah model bernama Titi Qadarsih Modelling School. 

Titi meninggal dalam usia 73 tahun. 








(ASA)