Melissa Karim: Saya Banci Tabir Surya

Sri Yanti Nainggolan    •    09 September 2016 17:23 WIB
hiburan
Melissa Karim: Saya Banci Tabir Surya
(Foto: Metrotvnews.com) Melissa Karim selalu melindungi wajahnya dengan tabir surya.

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktris Melissa Karim mengaku bahwa dirinya selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulitnya, baik di luar maupun di dalam ruangan. Kebiasaan tersebut didapatnya dari ibunya dan neneknya sejak masih kecil.

"Lebih baik saya keluar tanpa mengenakan pakaian dalam, daripada tidak menggunakan tabir surya," guraunya dalam acara peluncuran dua produk terbaru The Body Shop, Jumat (9/9/2016).

Tabir surya memang memegang peran penting dalam kegiatan sehari-harinya, terutama untuk menjaga kulitnya dari olahraga lari yang rutin ia lakukan sejak berusia sekitar 20 tahunan. Sejak tahun 2012, wanita yang berusia 38 tahun tersebut, mulai membiasakan diri untuk lari di luar ruangan.

(Baca juga: Kualitas Air Pengaruhi Kesehatan Kulit)

"Biasanya saya dua kali mengaplikasikan tabir surya. Bangun tidur saya cuci muka, lalu pakai pelembab dan tabir surya. Saat sudah sampai lokasi olahraga, saya aplikasikan sekali lagi. Pokoknya saya banci tabir surya," ungkapnya.

Melissa yang setiap paginya lari selama 45 menit mengaku bahwa ia masih mengalami masalah wajah saat melakukan aktivitas tersebut, yaitu rasa perih pada bagian pipi saat tengah berlari.

"Kalau long run, sekitar lima jam, saya suka merasa perih di bagian tulang pipi atas," keluhnya. Menanggapi hal tersebut, dr. Mardiati Ganjardani, SpKK selaku dermatologis menyatakan bahwa hal itu adalah wajar.

"Secara teori, wajah yang terkena air selama 4-5 menit akan menurunkan fungsi dari SPF dalam tabir surya hingga 80 persen," ujarnya dalam kesempatan yang sama. Ia menyarankan agar mengaplikasikan kembali tabir surya selama beberapa waktu sekali dalam perjalanan lari, agar wajah mendapatkan perlindungan maksimal. Sebagai informasi, tabir surya sebaiknya digunakan setiap 5-6 jam sekali untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.





(TIN)