Slank dan Buwas Kampanye Antinarkoba di Serial Adit Sopo Jarwo

Purba Wirastama    •    24 Mei 2017 18:37 WIB
slank
Slank dan Buwas Kampanye Antinarkoba di Serial Adit Sopo Jarwo
Adit Sopo Jarwo (Foto: dok. MD Animation)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tujuh tokoh baru akan bertamu di tiga episode terbaru serial animasi Adit Sopo Jarwo. Ada lima personel grup musik Slank, yaitu Kaka, Abdee, Bimbim, Ivan, dan Ridho, serta Kepala Badan Narkotika Nasional Budi Waseso (Buwas) dan pahlawan super Kapten Benn.

Ketiga episode spesial ini merupakan hasil kolaborasi MD Animation dengan Slank dan BNN dalam rangka kampanye sehat bebas narkoba. Keenam tokoh akan datang ke kampung Karet Berkah tempat Adit dan Bang Jarwo tinggal.

Tokoh Pak Buwas merupakan paman Adit, yang memperkenalkan Kapten Benn sebagai pejuang anti narkoba. Sebagai pahlawan super berwujud hologram, Kapten Benn bisa berinteraksi dengan warga kampung, membaca puisi, dan menyanyi.

Buwas mengapresiasi kolaborasi ini karena mampu menghasilkan serial animasi yang menjadi sarana edukasi masyarakat, terutama generasi muda. Ancaman narkotika di Indonesia, kata Buwas, sudah sedemikian dahsyat.

"Kalau kita mau menyelamatkan generasi bangsa, (animasi) ini salah satu (caranya). Kita mengajak anak bangsa untuk sehat, menjadikan generasi muda yang sehat, dan ke depan bisa menjadikan generasi yang kuat," kata Buwas dalam jumpa pers di MD Place, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu, 24 Mei 2017.


(Foto: dok. MD Animation)

Slank juga merasa bahwa animasi adalah medium yang tepat dan kuat untuk kampanye semacam ini. Apalagi penggemar mereka terus mengalami regenerasi, yang disebut Bimbim, telah mencapai tiga generasi, dari nenek hingga cucunya.

"(Dulu waktu kecil) nonton Batman, dan sampai hari ini kita tahu Joker itu penjahat. Animasi itu bisa mengubah pola pikir anak-anak sampai gede," ujar Bimbim.

Produser MD Corp Manoj Punjabi merasa pesan antinarkoba penting disampaikan kepada generasi muda lewat berbagai medium, termasuk film animasi. Baginya, kolaborasi kampanye ini menjadi tanggung jawab MD sebagai perusahaan media yang punya saluran penonton luas.

"Semaksimal mungkin ada nilai-nilai positif yang selalu disampaikan lewat animasi. Bukan hanya nilai hiburan yang bisa diberikan. Nilai hiburan penting buat jual produk kita. Jadi bagaimana membuat produk yang menghibur, tetapi ada pesan positif," ungkap Manoj.

 


(ELG)