Teza Sumendra Sesalkan Rasialisme

Puput Mutiara    •    20 November 2016 10:12 WIB
teza sumendra
Teza Sumendra Sesalkan Rasialisme
(Foto: Putu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasus dugaan penistaan agama yang berujung pada ditetapkannya Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, 50, sebagai tersangka telah menyedot banyak perhatian publik, tak terkecuali penyanyi soul dan R n B Indonesia, Teza Sumendra, 28.

Ia pun mengaku sangat menyesalkan isu rasialisme yang muncul jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) di Ibu Kota. Menurut pria kelahiran Jakarta, 11 Maret 1988 tersebut, hal itu justru dapat menghilangkan makna kebinekaan yang melekat pada bangsa ini.

"Bagi saya yang memang tinggal di keluarga yang multireligi, kalau ada hal-hal berbau rasialisme dan SARA itu rasanya sensitif," ujarnya ketika ditemui seusai jumpa pers Garnier Sakura Garden Festival di Jakarta, Jumat (18/11).

Namun, pria dengan nama lahir Martesa Sumendra itu tak ingin banyak berkomentar. Ia hanya berharap masyarakat Indonesia lebih bisa menghargai perbedaan dan hidup berdampingan secara damai tanpa saling mengusik.

Jika berkesempatan bertemu dengan Ahok, pria yang tahun ini genap berusia 28 tahun itu ingin sekali memberikan dukungan secara moril. Apalagi, ia cukup merasa kagum dengan kinerja yang sudah diberikan Ahok selama masa jabatannya beberapa tahun ini.

"Kalau bisa nih, saya ingin bilang sama dia (Ahok) tidak usah didengar. Just do what you wanna do, lakukan apa yang memang dirasa benar," ucapnya.

Akan tetapi, meski sering kali membicarakan kejadian-kejadian yang sedang hangat di masyarakat, Teza masih enggan membubuhkan perihal politik dalam musiknya. Ia menganggap kedua hal tersebut sulit dihubungkan.

"Tertarik sih bicara politik, tapi untuk di musik saya pikir tidak cukup andil. Terlalu berat kalau memasukkan political policy," imbuh dia.

Sejukkan hati

Berbekal naluri dan musikalitas yang ada dalam dirinya, Teza lebih ingin bisa memajukan dunia permusikan di Tanah Air ketimbang berpolitik. Ia juga berharap semakin banyak penyanyi baru bermunculan dengan lagu-lagu yang menyejukkan hati.

"Sebagai performer, saya lihat banyak anak muda yang suaranya bagus-bagus. Saya pikir saya juga akan terus mengasah kemampuan bermusik dan fokus di sini," ungkapnya.

Terlepas dari itu, sebagai salah satu jebolan ajang Indonesian Idol 2006, ia ingin mengajak generasi muda khususnya yang bersuara emas untuk menjajal kemampuan ajang pencarian bakat. Dengan demikian, kelak penyanyi yang berkiprah di industri musik Tanah Air terbukti bertalenta.

"Jangan sampai disia-siakan. Tiap ada kesempatan gunakan sebaik mungkin agar bisa ikut serta memajukan musik di Indonesia," pungkasnya. (H-5)


(DEV)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA