Marcella Zalianty Anggap Tuntutan Hukum untuk Tio Pakusadewo Mengejutkan

Elang Riki Yanuar    •    08 Juni 2018 15:22 WIB
artis dan narkobatio pakusadewo
Marcella Zalianty Anggap Tuntutan Hukum untuk Tio Pakusadewo Mengejutkan
Marcella Zalianty (Foto: mediaindonesia/sumaryanto)

Jakarta: Marcella Zalianty bersama sejumlah artis ikut menjenguk Tio Pakusadewo yang saat ini sedang menjalani proses persidangan akibat kasus narkoba. Tio Pakusadewo harus berurusan dengan hukum setelah ditangkap di rumahnya di kawasan Ampera, Jakarta Selatan pada akhir Desember 2017.

Sebagai sesama artis peran dan Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Marcella merasa butuh memberikan dukungan moral kepada Tio. Meski menganggap pemakaian narkoba merupakan hal salah, Marcella dan PARFI siap memberikan bantuan hukum kepada artis yang terjerat narkoba seperti Tio.

"Kami di sini menyediakan LBH untuk memberikan bantuan hukum. Dengan sukarela kami membela. Tapi bukan berarti kita membela yang bersalah. Tentu kita juga pengin teman-teman menjalani proses hukum yang baik, tapi mendapat perlakuan hukum yang sama sesuai kesalahan," kata Marcella Zalianty dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id.

Bintang film Brownies ini pun mengomentari tuntutan hukuman yang diberikan kepada Tio. Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Tio dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 800 juta subsider enam bulan kurungan. Marcella mengaku terkejut dengan tuntutan yang diberikan kepada Tio. Dia berharap, saat vonis nanti hakim tidak menjatuhkan hukuman penjara kepada Tio, tapi hukuman rehabilitasi.

"Yang kami pahami, pemakai itu kan harusnya direhabilitasi. Kita kan enggak pengin makin banyak pengguna dan jadi semakin parah di penjara. Tuntutan enam tahun itu cukup mengejutkan karena ini konteksnya kan pemakai. Kami ingin siapapun anggota kami yang terkena masalah itu, saat keluar nanti sembuh. Jangan memakai lagi," ujarnya.

Tuntutan yang dijatuhkan Tio memang sempat dikeluhkan tim pengacaranya karena berbeda jauh dibandingkan selebritas lain yang terjerat kasus narkoba pada waktu hampir bersamaan dengan Tio. Sebut saja Jennifer Dunn yang diberi tuntutan 8 bulan penjara akibat kedapatan memiliki narkoba berupa 0,6 gram sabu.

Hal serupa juga dialami Fachri Albar yang diberi tuntutan 9 bulan rehabilitasi. Adapun barang bukti yang didapat dari Fachri saat itu yakni, 0,8 gram sabu, 13 tablet dumolit, 1 butir calmlet, dan alat isap sabu. Barang bukti yang dimiliki Tio sendiri berupa sabu seberat 1,06 gram.

Artis lain yang tertangkap kasus narkoba pada tahun ini seperti Dhawiya dan Roro Fitria belum memasuki proses persidangan. Di antara artis yang terjerat narkoba tahun ini, barang bukti narkoba paling besar dimiliki Roro Fitria yaitu, 2,4 gram sabu. Sedangkan Dhawiya yang ditangkap bersama kakak dan kekasihnya kedapatan memiliki narkoba jenis sabu dengan total seberat 1,32 gram.

Jika melihat vonis yang sudah diterima artis terjerat narkoba lainnya, kebanyakan hukuman yang diberikan memang berupa rehabilitasi. Misalnya, Iwa K yang divonis 6 bulan penjara akibat kedapat memiliki ganja. Begitu juga Ello yang divonis 9 bulan rehabilitasi.

Sementara, Ammar Zoni menerima vonis satu tahun untuk menjalani rehabilitasi pada November 2017. Padahal, barang bukti yang didapati dari Ammar Zoni kala itu cukup banyak yaitu, 39 gram ganja, bong, dan tujuh plastik klip kosong bekas sabu.

"Kalau secara konteks hukum kami enggak bisa intervensi. Tapi kapan pun Tio butuh bantuan, LBH kami siap. Mungkin nanti kami akan bantu di Pengadilan Tinggi. Saya berharap Mas Tio bisa sembuh dan ke depan bisa belajar. Tapi saya juga tetap berharap mas Tio mendapat hukuman yang adil dan sesuai porsinya," tutup Marcella.

 


(ELG)

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

5 days Ago

Meski melaju dengan Regina, Geisha tidak ingin menghapus bayang-bayang Momo. Lantas, ke mana ar…

BERITA LAINNYA