Hari Lahir Pancasila

Mongol Berharap Pendidikan Moral Pancasila Kembali Diajarkan di Sekolah

Cecylia Rura    •    01 Juni 2018 20:29 WIB
selebritasseleb bicara politikhari lahir pancasila
Mongol Berharap Pendidikan Moral Pancasila Kembali Diajarkan di Sekolah
Rony Immanuel alias Mongol Stres dalam diskusi Kita dan Pancasila di Kaffeine, kawasan SCBD, Jakarta, Jumat 1 Juni 2018. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Komika Rony Immanuel alias Mongol Stres ikut mengkritisi kondisi generasi sekarang dalam memandang Pancasila. Pancasila sebagai lambang dan ideologi negara kini dianggap tidak mendapat perhatian khusus dan kurang diperkenalkan kepada anak-anak masa kini.

"Kalau dari sisi Mongol, sejak Pak Jokowi mencanangkan 1 Juni sebagai Hari Pancasila libur nasional, kami sudah menggaungkan ke dinas pendidikan kalau perlu pelajaran Pancasila di sekolah lebih ditajamkan lagi kayak dulu," ungkap komedian asal Manadi tersebut dalam diskusi Kita dan Pancasila yang diadakan Garda Muda NasDem di Kaffeine kawasan SCBD, Jakarta, Jumat 1 Juni 2018.

Ia mengenang bagaimana dulu pendidikan dasar moral Pancasila menjadi salah satu mata pelajaran wajib dikuasai sejak kelas 2 SD.

"Kalau dulu, saya masih ingat banget kelas 2 SD sudah harus hapal Pancasila dari sila kesatu sampai kelima. Nah, sekarang jangankan Pancasila, lagu Bagimu Negeri segitu pendeknya saja banyak yang cuma mangap (tidak tahu)," imbuhnya.

Ia merasa cukup miris melihat kondisi anak-anak sekarang yang bahkan tidak bisa menghapalkan lima butir penting Pancasila.

"Kalau bisa dari sekarang kita dikembalikan lagi Pendidikan Moral Pancasila atau mau diganti apapun namanya, dari generasi yang sekarang kembali digalakan biar orang-orang tahu Indonesia punya Pancasila dan Pancasila salah satu yang terbaik dari negara manapun," pungkas Mongol.

Hari lahirnya Pancasila diperingati di Indonesia setiap tanggal 1 Juni sejak 1945. Hari kelahiran Pancasila sendiri ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak era pemerintahan Presiden Joko Widodo pada 2016.


 


(ELG)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

3 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA