Nafa Urbach: Pancasila Perlu Disampaikan dengan Lebih Luwes

Cecylia Rura    •    01 Juni 2018 19:50 WIB
pancasilanafa urbach
Nafa Urbach: Pancasila Perlu Disampaikan dengan Lebih Luwes
Nafa Urbach dan sejumlah publik figur dalam diskusi Kita dan Pancasila di Kaffeine, kawasan SCBD, Jakarta, Jumat 1 Juni 2018. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Dalam rangka memperingati Hari Pancasila pada 1 Juni, sejumlah publik figur memaparkan perhatian khusus terhadap Pancasila. Satu di antaranya, aktris Nafa Urbach yang menyarankan pembelajaran Pancasila di Indonesia harus diajarkan dengan cara yang lebih mudah dimengerti seluruh lapisan masyarakat.

"Kalau boleh jujur memang kondisi dari bangsa kita sendiri lagi benar-benar kehilangan Pancasila itu sendiri. Jadi, kita harus bersatu memperkenalkan, karena masih banyak masyarakat yang belum memahami ideologi Pancasila. Mungkin kita bisa memberi pemahaman yang lebih luwes biar enggak kaku karena ideologi Pancasila sangat-sangat diperlukan," kata Nafa Urbach dalam diskusi Kita dan Pancasila yang diadakan Garda Pemuda NasDem di Kaffeine kawasan SCBD, Jakarta, Jumat 1 Juni 2018.

"Saya rasa kita perlu mengajarkan ideologi Pancasila dengan lebih luwes," tegas Nafa.

Aktris berusia 37 tahun itu juga turut mengungkapkan kekecewaannya atas kasus terorisme yang terjadi pada awal pekan lalu di Surabaya. Menurutnya, terorisme tidak ada kaitannya dengan agama.

"Saya sendiri sangat mengecam dan benar-benar, hati saya sangat hancur karena di situ korbannya juga anak kecil, perempuan apalagi anak kecil mereka tidak tahu apa-apa. Saya yakin terorisme tidak ada hubungannya dengan agama," lanjut Nafa.

"Kita Indonesia harus benar-benar satu," pungkasnya.




 


(ELG)