Kisah Tersisa dari Srimulat

Tarzan Kisahkan Sejarah Rambut Jambul Gogon

Cecylia Rura    •    15 Mei 2018 12:27 WIB
artis meninggal
Tarzan Kisahkan Sejarah Rambut Jambul Gogon
Gogon (Foto: Media Indonesia/Agus Apriyanto)

Jakarta: Berada dalam kelompok lawak Srimulat, Tarzan mengenal beberapa momen tak terlupakan bersama mendiang Margono alias Gogon. Salah satunya, sebuah kejadian ketika Gogon hendak dipecat dari salah satu stasiun televisi nasional yang kemudian melahirkan jambul ikonik.

Jambul Gogon muncul ketika ia mendapat saran dari Kadir. Saat itu, Kadir menyarankan Gogon untuk mencukur habis rambutnya agar memberikan nuansa yang lebih segar. Namun, oleh Gogon rambut disisakan sedikit.

"Akhirnya Kadir suruh gundul. Gundul, Gon, barangkali kamu gundul lucu. Terus dia nyisain jambulnya sedikit itu. Itu sejarahnya," papar Tarzan ketika dihubungi Medcom.id melalui sambungan telepon, Selasa, 15 Mei 2018.

"Kedua yang Srimulat yang dipecat sama Indosiar, itu dua. Dua Tukul, Tukul itu dipecat, enggak boleh main di Indosiar waktu Srimulat itu. Terus akhirnya Pak Agung turun tangan akhirnya dimainkan. Ini sejarah yang enggak bisa dibantah ini," lanjut Tarzan.

Tarzan sendiri rupanya sudah jarang bertemu dengan rekan sejawatnya itu. Namun selain jambul, Gogon dikenang sebagai sosok kental dengan ilmu-ilmu Jawa yang dibawanya serta gerakan bentuk tubuh yang khas diadaptasi dari Srimulat. 

"Kita jarang ketemu pribadinya dia, tapi yang terang dia itu kadang-kadang ilmu Jawanya kental sekali."

"Kayak salaman, tangannya sendakep itu. Sebetulnya, sebelum Gogon, sudah ada itu. Itu tiru-tiru Srimulat semua. Sebelum Gogon ada, itu sudah ada. Hanya sekarang, seakan-akan Gogon yang bikin."

Tarzan terakhir kali bertemu Gogon dalam acara reuni pemain Srimulat pada di Ancol pada Desember 2017. Kebiasaan Gogon yang saat itu masih tidak berubah adalah merokok.

"Yang paling terkesan penampilannya itu. Kadang-kadang ngerokoknya kuat walapun batuk," kenang Tarzan.

Pria kelahiran Surakarta itu terkenal kuat untuk merokok. Sehingga, sangat sulit baginya untuk bisa menerima masukan untuk berhenti merokok. "Enggak bisa terima masukan kayakna soal begitu, menurut saya," kata Tarzan.

Kendati hingga kini belum diketahui pasti penyebab kematian Gogon, Tarzan memaparkan kondisi pernapasan Gogon kurang baik.

"Ketemu saja belum, tapi saya yakin bahwa itu napasnya aja. Enggak tahu apa. Pokokya pernapasannya memang kurang bagus. Waktu reuni batuknya, (terengah-engah). Haduh, Gon, mbok jangan ngerokok. Kalau ngerokok kasihan. Kalau enggak ngerokok kasihan pengawai rokok dipecat," kata Tarzan sambil mencoba berkelakar.

Gogon Srimulat telah diterbangkan dari Lampung Utara ke Surakarta pagi ini pukul 10.00 WIB. Jenazah akan dimakamkan besok di Desa Pengging, Boyolali, Solo. Belum diketahui pasti pukul berapa jenazah Gogon dikebumikan.


 




(ASA)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

3 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA