Ray Sahetapy: Deddy Sutomo Sudah Memberikan Banyak Hal untuk Kita

Cecylia Rura    •    18 April 2018 18:34 WIB
obituariray sahetapyartis meninggalDeddy Sutomo
Ray Sahetapy: Deddy Sutomo Sudah Memberikan Banyak Hal untuk Kita
Ray Sahetapy (Foto: Medcom/Cecylia)

Jakarta: Aktor senior Ray Sahetapy ikut menyempatkan diri mengantar rekan sejawatnya mendiang Deddy Sutomo ke tempat peristirahatan terakhirnya di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Menurut Ray, Deddy Sutomo sudah memberikan banyak hal melalui kiprahnya di dunia akting.

"Aktor seumur Om Deddy itu sudah memberikan banyak ke kita. Tinggal bagaimana perhatian kita menonton filmnya. Sehingga masyarakat mengerti dan memahami apa isi film tersebut. Jadi, bukan cuma menghibur, tapi juga memberikan makna yang lebih dalam," kata Ray di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Rabu 18 April 2018.

Ray mengenang bagaimana 35 tahun lalu sempat terlibat proyek film Gadis rilisan tahun 1980-an bersama Deddy, Titiek Puspa dan Dewi Yull. Dia juga masih sempat bersinggungan dengan Deddy di organisasi Parfi 56.

"Saya sudah berkenalan dan sampai sekarang di satu organisasi Parfi 56. Bagaimana mengembangkan gagasan kebangsaan melalui keaktoran. Mudah-mudahan apa yang ditinggalkan aktor ini bisa kita kembangkan," katanya.

Sebagai pesan kepada kaum kreatif muda, Ray meminta agar sosok Deddy diteladani. Pesan itu, dikatakan Ray telah tertuang dalam sejumlah film yang telah diperankan Deddy semasa berkarier di industri hiburan.

"Pesannya itu dari film-filmnya begitu banyak, mau pesan apa lagi. Persoalannya, apa yang kamu tonton itu kamu catat, kamu olah, dari pemikiran perannya dia. Ini penting, ini jarang kita garap. Itu buat aku yang penting," kata Ray.

Deddy Sutomo meninggal dunia pada Rabu pagi, 18 April 2018 pukul 07.00 WIB setelah dirawat intensif di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta akibat penyakit jantung yang dideritanya.

Sejak Deddy dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita, Ray mengaku cukup sulit menjenguk rekannya tersebut. Ia sempat mendengar aktor yang pernah memerankan Jendral Sudirman itu terjatuh saat syuting.

"Sakit saya pikir biasa, di film jatuh itu biasa. Tapi lama-lama tertutup, saya jadi enggak enak," ucapnya.

 


(ELG)

Produser The Rolling Stones Percaya Dangdut Mampu Mendunia

Produser The Rolling Stones Percaya Dangdut Mampu Mendunia

5 hours Ago

Seperti yang dikatakan Rhoma Irama lewat lagu Viva Dangdut, "Dunia pun berdangdut, dunia k…

BERITA LAINNYA