Sandhy Sondoro Rindu Indonesia yang Rileks

Purba Wirastama    •    23 November 2018 08:00 WIB
sandhy sondoro
Sandhy Sondoro Rindu Indonesia yang Rileks
Sandhy Sondoro (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Lewat album terbaru bertajuk Beautiful Sooul, penyanyi dan pencipta lagu Sandhy Sondoro turut mengungkapkan kegelisahan hatinya atas situasi politik Indonesia terkini. Menurut Sandhy, persaingan politik belakangan ini dipenuhi fitnah yang memecah belah persatuan.

"Kita tahu sendiri, gara-gara politik, kita terpecah belah," kata Sandhy kepada wartawan usai mengenalkan album barunya di Kemang, Rabu, 21 November 2018.

Sandhy membandingkan situasi sosial politik yang dia temukan di Indonesia dengan Jerman, negara tempatnya bersekolah dan tinggal selepas lulus SMA. Pria kelahiran 1973 ini merasakan rivalitas politik di Jerman tidak destruktif.

"Enggak saling menjelekkan, enggak saling fitnah, yang wajar-wajar saja," ujar Sandhy. Baginya, situasi masyarakat Indonesia semasa dia kecil hingga remaja terasa lebih rileks, damai, dan toleran terhadap perbedaan agama.

"Saya masih kecil dan belum bisa cari uang sendiri, tetapi saya bisa merasakan bahwa dulu itu lebih rileks – apapun itu ideologi, agama, dan segala macam perbedaan."

Jelang Pemilu 2019 untuk memilih Presiden dan pejabat legislatif, sejumlah selebritas atau tokoh publik punya pilihan politik yang diungkapkan secara terbuka ke publik. Sandhy, kendati sudah punya pilihan personal, belum ingin menyatakan secara terbuka.

"Samar-samar saja deh, ha-ha," ungkapnya.

Musisi peraih juara festival White Nights of St. Petersburg 2017 ini berharap curahan hatinya dalam album Beautiful Soul sampai ke banyak pendengar. Dia ingin Indonesia tetap berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Enggak ada gantinya. NKRI harga mati. Menurut saya, itu yang terbaik," tutur Sandhy.

Beautiful Soul telah dirilis pada pertengahan September lalu di bawah label Jagonya Musik & Sport Indonesia dan Best Beat Music. Album digital telah tersedia di sejumlah platform streaming, sedangkan album fisik tersedia di gerai KFC.



(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA