Kata Deddy Mizwar soal Cagub Jakarta yang Paling Layak

Agustinus Shindu Alpito    •    12 November 2016 19:06 WIB
deddy mizwar
Kata Deddy Mizwar soal Cagub Jakarta yang Paling Layak
Deddy Mizwar (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aktor yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, angkat bicara terkait tiga kandidat calon gubernur DKI Jakarta, yaitu petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Agus Harimurti, serta Anies Baswedan.

Seolah tidak ingin terperangkap dalam pernyataan yang dapat menimbulkan polemik, Deddy mengatakan bahwa siapapun yang terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam pemilihan kepala daerah tahun depan adalah sosok yang layak.

"Ah, itu sudah masuk ke dalam wilayah Ilahi. Jadi sebelum kamu lahir sudah ditentukan siapa gubernur tahun 2017. Sudah ada itu," kata Deddy saat ditemui Metrotvnews.com, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

"Yang jelas mereka semua dianggap lolos dan layak oleh KPUD. Jadi, siapapun yang terpilih itu layak," lanjutnya.

Soal kisruh 4 November lalu di mana banyak reaksi terhadap Ahok yang dianggap menistakan agama, Deddy enggan menyikapi secara rinci. Baginya, yang paling penting masalah itu diselesaikan secara hukum.

“Sebenarnya, sangat sederhana, sangat sederhana, umat islam hanya membutuhkan keadilan. Adil, jujur, transparan, cepat. Persoalan salah atau enggaknya itu belakangan. Bisa banding dan segala macam. Persoalan sebenarnya sangat sederhana,” jawab Deddy.

Deddy dilantik menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat, pada 13 Juni 2013. Dia menjadi wakil dari Ahmad Heryawan.

Jauh sebelum menjadi politikus, Deddy lebih dulu bermain teater. Kemudian dia sukses berperan di layar lebar dan kemudian sinetron.  

Pada tahun 1986, Deddy mendapat Piala Citra pertama kali. Kala itu, dia memboyong dua penghargaan sekaligus, yaitu sebagai Pemeran Pria Terbaik Festival Film Indonesia lewat film Arie Hanggara, dan Pemeran Pembantu Pria Terbaik lewat film Opera Jakarta.

 


(ELG)