Raisa Bentengi Diri dari Komentar Buruk Media Sosial

Purba Wirastama    •    30 November 2017 20:20 WIB
raisa
Raisa Bentengi Diri dari Komentar Buruk Media Sosial
Raisa (Foto: MI/Panca)

Jakarta: Sejak debut album Raisa pada 2011, nama Raisa Andriana mulai populer dalam obrolan-obrolan media sosial hingga kini. Raisa mengakui bahwa warganet kerap melontarkan jenis komentar yang membuat dia 'serba salah'.

"Kalau dengan netizen enggak pernah bisa benar kan. Gendut salah, kurus salah. Yang penting aku happy," ungkap Raisa saat berbincang dengan Deddy Corbuzier dalam acara UCeleb Talk.

"Sebenarnya aku enggak percaya dengan haters. Haters only hate themselves," imbuhnya.

Raisa aktif di media seperti Twitter dan Instagram dengan nama @raisa6690. Pengikutnya jutaan. Kolom komentar pos foto Instagram dibiarkan tetap terbuka. Pada bagian profil, dia meminta para pengikut tidak meninggalkan komentar spam.

Permasalahan spam, serta komentar 'tak pernah benar' dari kalangan pengguna yang populer disebut sebagai haters', adalah hal yang kerap dihadapi figur publik di media sosial.

Kisah Raisa Menghadapi Tekanan Hidup

Raisa menyebut dia tak luput dari hal semacam itu di media sosial. Namun dia punya siasat untuk membentengi diri supaya tidak terganggu.

"Mungkin misal kami tahu, secara manusiawi akan terganggu. Kami bisa membentengi diri dari itu, (memilih) enggak tahu apa-apa, enggak mau tahu. Ngapain?" ungkap Raisa.

Sebagai penyanyi dan penulis lagu, perempuan kelahiran 6 Juni 1990 ini juga merasa sudah menemukan pasar pendengar yang dapat mengapresiasi karyanya secara baik. Karena itu dia tak harus menanggapi cibiran dari kalangan non pendengar karyanya.

Kunci Raisa Tempuh Jalur Indie

"Mereka bukan target pasar kami. Toh kami juga bikin karya bukan buat mereka. Jadi, ya buat apa (menanggapi)," tutur Raisa.

"Kalau dulu kan masih menganggap ini (karya) buat semua orang, kayak semua orang harus dengar, masih mengetes (pasar). Sekarang kan sudah lebih jelas target pasar kami siapa. Terus orang yang akan apresiasi seperti apa, karya bagus seperti apa. Terus standar kami sendiri seperti apa, ekspektasi seperti apa," lanjutnya.

Raisa Melabuhkan Hati

Raisa telah merilis tiga album studio, termasuk yang terakhir Handmade. Kolaborasi dia dengan Isyana Sarasvati, Anganku Anganmu, mendapat pengakuan dari Anugerah Musik Indonesia untuk kategori Group/Kolaborasi Soul/R&B/Urban Terbaik.

Terakhir Raisa menyumbang satu lagu soundtrack Teduhnya Wanita untuk film Ayat-ayat Cinta 2 produksi MD Pictures. Film sekuel garpaan sutradara Guntur Soeharjanto ini akan dirilis di bioskop pada Kamis 21 Desember 2017.






 


(ELG)