Deddy Corbuzier Tanggapi Kabar Kecelakaan Atraksi Demian Aditya

Purba Wirastama, Cecylia Rura    •    01 Desember 2017 20:32 WIB
demian aditya
Deddy Corbuzier Tanggapi Kabar Kecelakaan Atraksi Demian Aditya
Deddy Corbuzier (Foto: MI)

Jakarta: Deddy Corbuzier angkat bicara terkait kabar atraksi Demian Aditya yang menelan korban. Dia bercerita dalam video lima menit di akun YouTube pribadi.

Presenter dan mentalis ini mengaku sebelumnya enggan berbicara kepada wartawan lantaran takut pernyataan dia akan dipelintir.

Dalam video unggahan tersebut, Deddy menyebut dia belum tahu kabar sesungguhnya soal atraksi drop death Demian. Seandainya kabar kecelakaan hanya gimmick televisi, dia menilai ini kelewatan dan harus ada pernyataan bahwa kecelakaan itu bohong.

"Bisa saja ini gimmick. Kalau gimmick, ini gimmick kelewatan dan alay," kata Deddy.

Menurut Deddy, pertunjukan sulap harus memberi prioritas pada keselamatan. Lebih baik efeknya tidak 'sebagus itu' tetapi semua selamat.

"Jika ada pemain sulap baru, atau senior, safety come first!" tegas Deddy.

Dia menyayangkan jika kecelakaan benar terjadi. Dia juga khawatir tragedi ini akan semakin menambah buruk dunia sulap di Indonesia.

"Saya menyukai Demian dan saya selalu dukung Demian. Kalau ini gimmick, saya pribadi akan marah terhadap dia," ucap Deddy.

"Kalau ini benar-benar terjadi, aku merasa sedih dan benar-benar sangat sedih karena ini akan memberi trauma yang luar biasa dan pastinya tidak akan membangun dunia sulap," imbuhnya.

Kronologi Versi Siaran Televisi

Demian dan tim menampilkan aksi drop death dalam acara SCTV Awards pada Rabu malam 29 November 2017. Acara disiarkan langsung di tv mulai pukul 20.00 WIB. Aksi Demian dimulai pada jam ketiga.

Presenter Robby Purba memberi pengantar bersama Andhika Pratama, Uya Kuya, Ruben Onsu, Arie Kriting, dan pesulap Eric Jones, semifinalis America's Got Talent musim ke-12. Layaknya aksi lain serupa, presenter menaikkan atmosfer tegang penonton.

"Sampai tadi sore, Demian belum yakin memberikan kepada anda semua pemirsa di rumah," kata Robby sebelum dia bercerita singkat soal filosofi sulap Houdini.

Doa Putri Stuntman yang Alami Insiden di Aksi Sula Demian

Benar atau tidak keraguan Demian, ungkapan Robby dapat dipahami sebagai gimmick pertunjukan.

Bentuk aksi Demian kurang lebih mirip seperti yang pernah mereka lakukan di panggung America's Got Talent pada akhir Agustus lalu. Peti kayu digantung di ketinggian sekitar gedung lantai dua. Ada empat tiang rel vertikal, tali pengaman, dan besi berujung runcing di bawah.

Demian diperlihatkan masuk ke peti yang berlubang dua di atas. Borgol berantai ditampakkan terikat ke kedua tangan begitu dia masuk peti.

Saat itu, Robby dan Andhika mengisi 'kesenyapan' dengan mendeskripsikan apa yang berikutnya akan terjadi. Peti tiba-tiba terjatuh. Sejumlah orang di media sosial menduga peti tersebut dijatuhkan sebelum waktunya. Namun belum ada pernyataan resmi dari pihak Demian maupun SCTV.

Kedua presenter tampak kaget melihat peti jatuh. Mereka mendekat, mengecek, memanggil petugas medis. Beberapa orang datang mengerumuni. Siaran tetap berjalan. Situasi seperti ini berjalan beberapa menit.

"Medis medis!" seru Robby.

"Ini enggak bisa langsung ambulans?!" ujar Andhika setengah berteriak.

Sementara itu, Sara Wijayanto istri Demian tampak menangis tersungkur di dekat area penonton. Eric berjaga di sebelahnya. Robby menghampiri dan meminta minum untuk Sara.

Andhika masih tampak syok. Dia berjalan ke area peti dan kembali ke tempat Robby beberapa kali.

"Ada tandunya enggak? Ada sesuatu buat nutupin Demian enggak, sih?" ujarnya.

Sara tampak masih histeris dan menyerukan takbir. Belasan orang mengerumuni dan mengangkat sosok tubuh dari peti.

"Boleh langsung dibawa (ambulans) enggak sih?!" tanya Andhika lagi setengah berseru.

"Gue sudah bilang enggak usah, dipaksa juga," ucap Sara sembari terisak. Robby dan Eric masih tampak berusaha menenangkan Sara. Lalu terdengar suara sirine ambulans.

Setelah beberapa saat, Robby dan Andhika tampak berusaha mengendalikan diri dan situasi. Robby mengatakan sesuatu tetapi segera berhenti begitu ada seruan penonton ke arah lain.

"Kami berdua, melihat langsung di depan mata...," kata Robby sesaat sebelum kembali terlihat syok.

Layar berpindah ke kamera yang mengarah ke sisi lain. Demian berjalan ke atas panggung. Bagi yang sering melihat atraksi sulap sejenis, bentuk skenario kemunculan semacam ini mungkin sudah terasa familiar.

Andhika tampak paling terkejut. Jika skenario sulap ini memang sukses sesuai rencana, ungkapan dia bisa berarti bahwa presenter sama tidak tahunya dengan penonton, atau mereka memang disiapkan untuk berakting demikian.

"What?! Gila! Gue deg-degan! Ini live, on air! Gue lihat darah di mana-mana!" ucap Andhika berteriak.

Demian muncul pada sekitar menit kelima peti jatuh. Penonton di lokasi bertepuk tangan riuh. Semenit kemudian, baru dia meninggalkan panggung usai mengatakan kalimat penutup.

"Kalau berhasil, saatnya bilang, sempurna!" ujar Demian sembari mengulurkan lalu menarik tangan kanan.

Robby kembali mengambil alih panggung. Andhika mengaku masih syok tak bisa berkata-kata. Robby lantas menyebut bahwa mereka memiliki program acara baru bernama The Grandmaster Asia.

Eric pun memberi komentar dalam bahasa Inggris.

"Selama 20 tahun melakukan trik sulap, aku belum pernah lihat hal seperti itu," ucap Eric.

Belum Ada Pernyataan Resmi

Sehari berikutnya, beredar kabar di media sosial bahwa atraksi Demian memang betul menelan korban. Edison Wardhana, pemain pengganti (stunt) Demian di peti, belum sempat meloloskan diri saat peti dijatuhkan.

Menurut kabar yang beredar, dia menderita cedera parah. Salah satunya, tulang rusuk patah. Edison dilarikan ke RS Royal Taruma Daan Mogot, Jakarta Barat, dan mendapat tindakan intensif.

Seorang sumber Kompas.com juga membenarkan kabar kecelakaan yang beredar di media sosial.

"Yang lo baca di medsos (soal insiden di atraksi Demian) itu bener," katanya.

Hingga Jumat sore 1 Desember 2017, Edison, yang juga pebasket, masih dirawat intensif di ICCU Royal Taruma. Irfan Hakim menyebut bahwa kondisi dia semakin baik.

"Belum selesai operasi, tapi keadaan sudah mulai membaik," ujar Irfan saat ditemui usai menjenguk. Dia enggan memberi penjelasan lebih lanjut.

Irfan Hakim Ungkap Kondisi Terbaru Stuntman di Atraksi Sulap Demian

Hingga kini belum ada pernyataan resmi terkait hal ini, termasuk dari SCTV. Pihak Demian belum dapat dihubungi saat Metrotvnews.com hendak meminta tanggapan. Pesan tertulis juga belum direspons.

Sementara itu, pihak Polda Metro Jaya menyatakan akan memproses kasus tersebut jika ada pelaporan atas Demian Aditya.

Polisi Tunggu Laporan Terkait Kecelakaan Sulap Demian




 


(ELG)