Jodie Foster Pidato Anti Trump Jelang Dimulainya Perayaan Oscar

Indriyani Astuti    •    27 Februari 2017 09:00 WIB
oscar 2017
Jodie Foster Pidato Anti Trump Jelang Dimulainya Perayaan Oscar
(Foto: Advocate)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penganugerahan tertinggi dalam industri film Hollywood, Academy Awards atau Oscar ke-89, dirayakan dengan cara berbeda. Bukan sekadar ingar-bingar pesta yang dilakukan dalam ajang tahunan tersebut.

Seruan dan kritik terhadap pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga digemakan sebelum acara berlangsung.

Aktris kawakan Jodie Foster, 54, turut ambil bagian di dalam kampanye tersebut.

Hal ini menjadi istimewa lantaran perempuan berambut pirang tersebut tidak pernah memanfaatkan ketenarannya sebagai aktris untuk kegiatan berbau aktivis.

"Namun, tahun ini berbeda, sudah saatnya untuk tampil dan bersuara," terang Jodie seperti dilansir BBC.

Bintang film Back to the Future itu mengatakan AS cukup beruntung dan tak ada salahnya keberuntungan itu dibagi dengan membantu para pengungsi yang ingin masuk ke negara itu.

"Aku percaya ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk itu. Manusiawi bahwa kita turut merasa prihatin atau bahkan melakukannya sebagai bagian dari tanggung jawab global," tuturnya di Beverly Hills.

Dia menambahkan, "Aku memilih menanamkan rasa optimistis pada diriku. Seperti yang kita tahu, sikap intoleran dan berkurangnya rasa simpati mulai tumbuh di kalangan masyarakat dunia," lanjut Foster.

Menurut Foster, kebijakan antipengungsi sama artinya dengan tidak menghormati sesama.

Bintang kelahiran Kanada itu menjadi warga AS 25 tahun lalu, tepatnya pada 1991.

Foster menambahkan, melalui karya seni, manusia tidak hanya dapat mengubah hati, tetapi juga membuat perubahan untuk dunia.

Foster sudah pernah beberapa kali dianugerahi Piala Oscar untuk filmnya yang berjudul The Silence of the Lambs dan The Accused.

Dia menyampaikan, "Ini perayaan bagi industri film, bagi kita semua, mengekspresikan seni sekaligus menunjukkan komitmen kita untuk kemanusiaan baik di dalam layar ataupun di luar layar," ujar Foster.

Bela keberagaman

Dalam ajang Academy Awards, diputar satu video dari sutradara keturunan Iran, Asghar Farhadi, yang merupakan salah satu nomine Oscar kategori film berbahasa asing terbaik untuk karyanya, The Salesman.

Farhadi bersama semua nomine Oscar kategori film berbahasa asing terbaik bersama-sama menyatakan menentang fanatisme.

Sayangnya, Farhadi kemudian tidak dapat hadir karena kebijakan Trump.

Dia tidak bisa menghadiri ajang Academy Awards tahun ini karena tidak mendapatkan izin masuk ke wilayah AS.

"Kami percaya tak ada yang namanya negara paling baik, gender paling baik, agama paling baik, ataupun ras terbaik. Kami hadir di sini untuk menyatakan keberagaman antarbangsa dan kebebasan dalam berkarya."

Kebijakan Presiden AS Donald Trump menuai banyak protes termasuk selebritas Hollywood.

Selain Judie Foster, selebritas AS lainnya, Meryl Streep, melakukan hal serupa.


(DEV)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

6 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA