Inama Fest, Ajang Penghargaan untuk Animator Indonesia Pertama Kali Digelar

Elang Riki Yanuar    •    29 November 2016 13:49 WIB
animasi
Inama Fest, Ajang Penghargaan untuk Animator Indonesia Pertama Kali Digelar
Jumpa pers Inama Fest (Foto: dok. inamafest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ajang penghargaan untuk para animator Indonesia bertajuk, Inama Fest 2016 siap digelar. Acara yang pertama kali dilaksanakan ini akan digelar pada 4 Desember 2016 di Hotel Grand Kemang, Jakarta.

Lewat Inama Fest, para pelaku animasi Indonesia diharapkan bisa menampilkan karya, membagi pengalaman, membangun jaringan dan meningkatkan kualitas animator lokal. Ada 194 karya dari 134 pelaku animasi yang akan dinilai dewan juri.

"Sebagian besar yang masuk justru bukan dari profesional. Banyak yang baru. Ada pelajar, mahasiswa, dan juga komunitas. Ini membuktikan potensi yang luar biasa," ungkap Lance Mengong, Festival Director Inamafest 2016 dalam keterangan tertulisnya.

Ada 11 kategori yang dilombakan di Inama Fest 2016. Kategori yang akan diberikan dibagi menjadi dua yaitu Kategori Produksi seperti Animasi Terbaik Profesional, Animasi Terbaik (Non Profesional), Animasi Terbaik Suporting Film, Animasi Terbaik Suporting Iklan, Animasi Terbaik Pelajar/Mahasiswa.

Selain itu, ada Kategori Prestasi untuk Desain Produksi Animasi Terbaik, Desain Karakter Animasi Terbaik, Sutradara Animasi Terbaik, Penulis Animasi Terbaik, Editing Animasi Terbaik, Musik Animasi Terbaik, Animasi Favorit (Voting Medsos).

"Kita ada kegiatan pameran, workshop dan awarding untuk beberapa kategori. Kita juga akan memberi penghargaan khusus bagi insan animasi berjasa. Sistem penjurian berbeda, tidak hanya teman animator tapi juga komunitas," ucap Lance.

Ajang Inama Fest 2016 pun mendapat dukungan penuh dari Badan Perfilman Indonesia (BPI). Ketua BPI, Kemala Atmojo berharap, Inama Fest bisa mengikuti langkah Festival Film Indonesia (FFI).

"Sekarang ada uang, kita coba rancang lewat Inama Fest ini. Kita bentuk panitia dan dibikinlah ini. Mimpi saya, festival ini menjadi  festival kredibel dan diakui negara seperti FFI (Festival Film Indonesia)," kata Kemala.




(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA