Giring Nidji Sambut Positif Penghapusan Ujian Nasional

Agustinus Shindu Alpito    •    29 November 2016 10:24 WIB
giring nidji
Giring Nidji Sambut Positif Penghapusan Ujian Nasional
Giring Nidji (Foto: Metrotvnews.com/ Legia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan akan menghapus Ujian Nasional‎ dan mengganti dengan sistem desentralisasi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menetapkan parameter baru kelulusan dan mengatur mekanisme baru yang lebih melibatkan pemerintah tingkat provinsi (untuk ujian akhir SMA-SMK) dan pemerintah kabupaten/kota (untuk tingkat SD-SMP). Proses pelaksanaan disebut Effendy tinggal menunggu Instruksi Presiden.

Menanggapi‎ hal itu, vokalis Nidji Giring Ganesha menyambut positif.

"Alhamdullilah. Gue kurang setuju sama Ujian Nasional karena menurut gue Ujian Nasional itu enggak efektif," kata Garing saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Senin (28/11/2016).

Menurut Giring, Ujian Nasional tidak adil. Terutama bagi para siswa di daerah tertinggal yang kurang mendapat fasilitas pendidikan.

"Karena standarisasi (pendidikan) beda tiap daerah. Makanya yang tahu siswa (pantas) lulus atau‎ tidak ya guru," lanjut Giring.

Lebih dalam, Giring berpendapat bahwa pola pendidikan yang ideal diterapkan untuk siswa TK dan SD adalah pendidikan akhlak.

"TK dan SD seharusnya pendidikan utama pembentukan akhlak. Baru pas SMP dan SMA fokus ke ilmiah," tutup Giring.


(DEV)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA