Anak Tio Pakusadewo Berharap Rehabilitasi Bagi Sang Ayah

Purba Wirastama    •    10 Juni 2018 17:30 WIB
selebritas dan narkoba
Anak Tio Pakusadewo Berharap Rehabilitasi Bagi Sang Ayah
Nagra Kautsar mengaku kecewa dengan tuntutan hukum terhadap ayahnya, Tio Pakusadewo, terkait kasus penyalahgunaan narkoba. (Foto: Purba Wirastama)

Jakarta: Nagra Kautsar mengaku kecewa dengan tuntutan hukum yang diajukan Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap ayahnya, Tio Pakusadewo, terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Menurut Nagra, seharusnya Tio mendapat kesempatan rehabilitasi.

"Motor rusak dibawa ke bengkel, orang mau tidur di kamar, orang mau makan ya pakai piring, kaki kotor dicuci, kalau gatal ya digaruk, kalau sakit ya disembuhkan, diobati," ungkap Nagra saat ditemui di kantor Badan Narkotika Nasional, Cawang, Jakarta Timur, Minggu, 10 Juni 2018.

Tio menghadapi persidangan setelah ditangkap pada akhir Desember 2017 dan kedapatan memiliki sabu 1,06 gram. Dalam sidang tuntutan pada Senin pekan lalu, Jaksa Yaman menuntut Tio dengan hukuman penjara enam tahun dan Rp800 juta subsider enam bulan kurungan.

Sejumlah rekan artis, seperti Marcella Zalianty, Jajang C Noer, dan Dewi Irawan, memprotes tuntutan ini. Mereka menilai tuntutan tidak adil karena jauh lebih berat dari penyalahguna lain, yang kebanyakan diarahkan untuk rehabiltasi. Bahkan jika dipenjara, seperti misalnya Jennifer Dunn, mendapat tuntutan penjara lebih ringan yaitu delapan bulan.

Nagra bersama sejumlah rekan dan pihak keluarga mengupayakan bantuan untuk meringankan hukuman Tio. Salah satunya, mereka menemui Kepala Bagian Humas BNN Kombes Pol Sulistiandriatmoko untuk berkonsultasi.

Namun Nagra menyebut konsultasi itu adalah pertemuan perseorangan dan tidak mewakili lembaga. Salah satu hasilnya, mereka hendak mengecek ulang pasal-pasal hukum yang lebih tepat digunakan untuk kasus Tio.

"Saya cuma bisa berusaha, berdoa – seperti yang saya lakukan sekarang adalah konsultasi dengan perseorangan, bukan atas nama lembaga. Kami khawatir – karena kami bukan ahli hukum, enggak ngerti apa-apa. Jadi ketemu orang yang paham," terang Nagra.

"Proses hukum masih berjalan sampai sekarang. Jadi (saya) cuma bisa berdoa saja. Ya sudah, cek ulang lagi mengenai pasal-pasal dan lain-lain. Dilihat pelan-pelan lagi," imbuhnya.

Terkait perbedaan tuntutan hukuman pidana antara Tio dengan Jennifer, Nagra enggan memberikan tanggapan lebih lanjut.

"Kayaknya rahasia umum juga kalau soal itu. Saya enggak ngerti juga sih soal itu. Kalau ditanya kenapa atau alasannya apa, jawabannya ya, semua pasti ada alasan. Makanya, yang saya lakukan yang sebaik-baiknya saja," tuturnya.

Persidangan untuk Tio seharusnya dilanjutkan dengan agenda pembacaan pledoi pada Kamis, 7 Juni lalu. Namun sidang ditunda karena majelis hakim berhalangan hadir. Sidang pledoi akan digelar pada Kamis, 28 Juni mendatang.


(DEV)

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

5 days Ago

Meski melaju dengan Regina, Geisha tidak ingin menghapus bayang-bayang Momo. Lantas, ke mana ar…

BERITA LAINNYA