5 Manfaat Terbesar Jaringan 4G

Ellavie Ichlasa Amalia    •    03 Februari 2016 17:43 WIB
indosat
5 Manfaat Terbesar Jaringan 4G
Indosat Ooredoo menawarkan kuota data gratis hingga 10 GB

Artikel ini merupakan kerja sama Metrotvnews.com dengan Indosat Ooredoo


Internet tak bisa lepas dari kehidupan manusia modern saat ini. Teknologi tersebut sudah menjadi barang wajib untuk mengakses informasi, mempermudah aktivitas, dan memperlancar silaturahmi.


eMarketer menyebutkan, pada 2015 pengguna internet di Indonesia mencapai angka 93,4 juta. Satu hal yang menarik adalah Google menyebutkan, di Indonesia orang lebih banyak mengakses internet melalui smartphone dibandingkan PC. Penyebabnya adalah penetrasi smartphone di Indonesia yang cukup tinggi, yaitu mencapai 43 persen.


Menyadari hal ini, para operator berusaha memberikan akses internet yang lebih baik, yaitu melalui internet 4G. Pada akhir tahun lalu, jaringan internet 4G nasional secara simbolis diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.


Lalu pertanyaan yang muncul adalah, apa saja hal positif yang diperoleh jika masyarakat menggunakan jaringan 4G? Berikut lima manfaat jaringan 4G yang harus Anda ketahui.



1. Komunikasi lebih baik



Saat ini, semakin banyak aplikasi untuk komunikasi yang bermunculan, mulai dari e-mail, instant messaging, bahkan video call. Akses internet 4G menawarkan kecepatan yang lebih baik dan jaringan lebih kuat. Ini berarti Anda dapat berkomunikasi dengan teman dan keluarga menggunakan aplikasi yang ada dengan lancar. Anda kini juga tidak hanya bisa berkirim pesan, tapi juga gambar, dan bahkan video.



2. Memacu produktivitas


Komunikasi bukan satu-satunya kegunaan Internet. Internet juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal guna meningkatkan produktivitas, karena Anda dapat lebih mudah mencari informasi dan data yang diperlukan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai layanan Internet yang ada, yakni cloud yang memudahkan Anda menyimpan, mengakses, dan berbagi file pekerjaan dengan rekan kerja.


Internet juga dapat membantu Anda untuk melakukan penelitian dengan membuat jajak pendapat, atau bahkan angket. Selain itu, bagi Anda yang bekerja sebagai fotografer profesional, dapat dengan mudah membagikan hasil karya, baik melalui media sosial seperti Instagram, atau platform stock photo seperti Getty Images.



3. Menunjang kelancaran bisnis


Konsumen bukan satu-satunya pihak yang memerlukan internet. Pihak perusahaan juga memiliki kebutuhan akan internet, terutama jika bisnis yang Anda tekuni memang berhubungan langsung dengan Internet, seperti e-commerce.





Indonesia pun kini merupakan negara yang memiliki potensi e-commerce cukup besar. Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) bahkan menyebutkan, Indonesia memiliki potensi e-commerce terbesar di Asia Tenggara jika Internet di Tanah Air kualitasnya meningkat. Diperkirakan, nilai pasar e-commerce di Indonesia menembus USD 25-30 miliar pada 2017.


Internet tidak hanya memengaruhi bisnis yang berkaitan dengan Internet itu sendiri, tapi juga semua jenis bisnis. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebanyak 62 juta pengguna Internet di Indonesia adalah pengguna aktif media sosial. Kondisi ini mendorong berbagai perusahaan untuk memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi dan mendekatkan diri dengan konsumen.



4. Memunculkan industri baru


Sektor yang akan sangat terbantu dengan keberadaan Internet berkualitas adalah industri kreatif. Orang-orang yang memutuskan untuk menjadi blogger, terutama vlogger alias video blogger, akan sangat terbantu dengan akses Internet kecepatan tinggi.





Minat masyarakat Indonesia akan vlogger pun kini makin tinggi. Hal ini terlihat dari laporan Google yang menyebutkan, jumlah video yang diunggah oleh masyarakat Indonesia ke YouTube meningkat 600 persen. Hal ini membuktikan masyarakat Indonesia tidak hanya menjadi penonton berbagai video yang ada, tapi juga mulai aktif membuat video sendiri.



5. Hidup lebih efisien


Teknologi berfungsi untuk memudahkan hidup penggunanya. Dengan adanya berbagai aplikasi untuk komunikasi dan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas, Anda dapat membuat hidup lebih efisien.





Menyadari hal ini, Indosat Ooredoo menawarkan 4Gplus yang merupakan layanan Internet berbasis 4G. Satu hal menarik dari layanan ini adalah performa yang ditawarkan jauh lebih cepat dan stabil dibandingkan 3G, apalagi 2G. Masuk ke sini untuk cek menariknya 4Gplus.


Layanan ini memang ditawarkan dengan harga terjangkau, tapi ia memiliki jaringan data yang lebih kuat dan jangkauan luas. Selain itu, Indosat Ooredoo juga menawarkan kuota data gratis hingga 10 GB. Selain bonus data, ada juga bonus menarik lainnya.


Tunggu apa lagi? Saatnya rasakan internet berkualitas tinggi dari provider terpercaya. Manfaat dan keuntungan dari layanan 4Gplus Indosat Ooredoo bisa Anda cek di sini.


 




(ROS)