Kaleidoskop Hiburan 2018

Ahmad Dhani hingga Inneke Koesherawati: Kasus Hukum Selebriti Paling Disorot di 2018

Elang Riki Yanuar    •    27 Desember 2018 11:06 WIB
kaleidoskop hiburan
Ahmad Dhani hingga Inneke Koesherawati: Kasus Hukum Selebriti Paling Disorot di 2018
Inneke Koesherawati diperiksa KPK (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Selebriti juga manusia. Mereka tak luput dari kesalahan yang berujung pada kasus hukum. Ada yang terjerat kasus hukum karena ujaran kebencian, ada juga karena terseret kasus suap.

Sejumlah selebriti yang terseret kasus hukum mewarnai tahun 2018. Namun, hanya beberapa saja yang mendapat sorotan publik. Berikut ini daftar kasus hukum paling disorot sepanjang 2018:

Ahmad Dhani

Beberapa tahun terakhir, Ahmad Dhani semakin sering tersangkut kasus hukum. Tahun ini, Ahmad Dhani sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan ujaran kebencian oleh Polda Jawa Timur. Sementara di kasus ujaran kebencian lain, dia masih menjalani persidangan.

Selain kasus ujaran kebencian, Dhani juga sempat dilaporkan terkait dugaan kasus penipuan investasi di Kota Batu, Malang. Dia dilaporkan oleh pengusaha bernama Moh Zaini Ilyas. Namun, kasus penipuan ini dihentikan polisi.

Lyra Virna

Kasus pencemaran nama baik yang diduga dilakukan Lyra Virna sebenarnya sudah terjadi sejak tahun lalu. Namun, baru pada Maret 2018 Lyra ditetapkan sebagai tersangka.

Kasusnya bermula dari curahan hati Lyra di Instagram mengenani biro perjalanan Ada Tour and Travel. Pemilik Ada Tour, Lasty Annisa kemudian melaporkan Lyra ke polisi. Lyra dijerat oleh UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

Augie Fantinus

Berawal dari unggahaan di media sosial, Augie Fantinus harus mendekam di penjara. Dalam unggahannya, Augie menyebut oknum polisi sebagai calo tiket ASIAN Para Games 2018. Meski unggahannya itu sudah dihapus, polisi tetap menjerat Augie dengan pasal pencemaran nama baik lewat UU ITE. Hingga saat ini Augie masih ditahan dan menunggu persidangan.

Inneke Koesherawati

Aktris Inneke Koesherawati ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 20 Juli 2018. KPK menyebut Inneke dalam kasus dugaan suap yang dilakukan suaminya, Fahmi Darmawansyah kepada Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husein.

Fahmi Darmawansyah yang merupakan narapidana kasus korupsi kembali ditetapkan sebagai tersangka dan masih menjalani persidangan. Sedangkan Inneke Koesherawati masih berstatus saksi.


 


(ELG)