Otobiografi Budiman Sudjatmiko Diadaptasi ke Serial Komik

Agustinus Shindu Alpito    •    16 Agustus 2016 12:34 WIB
komik
Otobiografi Budiman Sudjatmiko Diadaptasi ke Serial Komik
komik anak-anak revolusi (foto: webphoto.co/tag/demokreatif)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otobiografi Budiman Sudjatmiko yang berjudul Anak-Anak Revolusi diadaptasi ke dalam serial komik dengan judul sama.

Berangkat dari keinginan Budiman yang dikenal sebagai aktivis dan politikus untuk memvisualkan karya tulisnya. Maka ia menghubungi Hari Prast dan Yoga Adhitrisna yang baru saja menerbitkan seri buku Demokreatif, untuk berkolaborasi.

Komik Anak-Anak Revolusi masih mengangkat nafas yang sama dengan versi buku, yaitu semangat perjuangan dan potret gejolak sosial-politik yang terjadi di era 1990-an. Terdapat pengembangan-pengembangan cerita dalam komik yang tidak diangkat versi buku.

Serial komik ini akan dibagi dalam beberapa kisah. Pada bagian pertama, Komik Serial Anak-Anak Revolusi I, tema besar yang diangkat adalah Talking About A Revolution. Sebuah judul yang terinspirasi dari lagu Tracy Chapman, Talkin' 'Bout A Revolution. Lagu yang kerap dinyanyikan mahasiswa era 1990-an.

Seri pertama komik akan dipecah ke dalam tiga bagian, diawali dengan Talking About A Revolution, lalu disusul oleh judul Forever Young dan Darah Juang. Lagi-lagi dua judul lain terinspirasi dari lagu.

Forever Young adalah lagu dari grup musik asal Jerman, Alphaville. Sedangkan Darah Juang adalah lagu perjuangan pro-demokrasi dari John Tobing.

"Kemunculan komik ini juga menandai lahirnya Anak Revolusi Movement (ARM), sebuah wadah bagi anak muda untuk beraktivitas, berkolaborasi, dan berkarya untuk bangsanya. Berbagai aktivitas digagas untuk menampung semangat anak-anak muda dalam mempercepat laju perubahan yang didasarkan pada kepekaan sosial, kreativitas, dan kemajuan teknologi," seperti tertulis dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com.

Peluncuran serial komik ini dilakukan dalam acara Popcon Asia 2016, 12-14 Agustus lalu.


(ELG)