Meryl Streep Ingin Patenkan Namanya

Purba Wirastama    •    31 Januari 2018 08:08 WIB
Meryl Streep
Meryl Streep Ingin Patenkan Namanya
Meryl Streep (Foto: gettyimages)

Los Angeles: Aktor senior Hollywood Meryl Streep telah melakukan langkah hukum untuk melindungi namanya dieksploitasi secara komersial tanpa izin. Wanita 68 tahun ini hendak mendaftarkan nama Meryl Strep sebagai merek dagang.

Dilansir dari BBC, Meryl telah mengajukan pendaftaran hak paten tersebut ke kantor merek dagang AS. Pengajuan ini akan memberi Meryl hak eksklusif atas penggunaan namanya di industri hiburan.

Selebritas yang mematenkan nama mereka bukan hal baru. Namun Meryl terhitung lebih tua dibanding sosok lain yang telah mendaftarkan hak paten nama mereka lebih dulu. Misalnya, Paris Hilton, David dan Victoria Bekham, 50 Cent, atau ketiga anak Jay-Z dan Beyonce.

Penggunaan tanpa izin yang dicegah Meryl juga terhitung tak biasa. Dalam pengajuan,  perlindungan hukum terhadap 'Meryl Streep' hanya merujuk ke penampilan langsung, televisi, dan film, serta acara ceramah dan pemberian tanda tangan. Ini berdampak salah satunya ke situs web tentang film yang hendak memakai namanya.

Kendati bernama asli Mary Louise Streep, aktris Amerika ini populer dengan nama Meryl Streep. Dia lahir pada Juni 1949 dan terjun ke dunia profesi teater sejak era 1970-an. Debut filmnya adalah Julia (1977) garapan Fred Zinnemann.

Dia telah diunggulkan puluhan kali dalam berbagai ajang penghargaan. Dalam Oscars, dia membawa pulang tiga piala. Dalam Golden Globe, dia telah meraih delapan piala.

Kepada BBC, pengacara properti intelektual George Sevier berpendapat bahwa para selebritas biasanya mematenkan namanya pada awal karier, saat mereka melihat nama mereka mulai berpotensi digunakan untuk kepentingan komersial.

"Aku tak tahu apakah ini terlambat bagi karier Meryl Streep. Mungkin dia punya karier panjang di depan. Namun dia lebih tua dibanding kebanyakan yang mematenkan nama mereka," kata George.

"Kecil kemungkinan seorang akan menawarkan pidato atas nama Meryl Streep selain Meryl Streep sendiri. Ini mungkin lebih untuk menyetop orang-orang memakai nama dia di internet," tukasnya.

Meryl terakhir bermain di film The Post garapan Steven Spielberg. Film ini diunggulkan sebagai film terbaik Oscars 2018 dan mengantar Meryl masuk nominasi aktris terbaik.

 
(ELG)

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

Wawancara Eksklusif Geisha, Berlayar Tanpa Melumpuhkan Ingatan tentang Momo

1 week Ago

Meski melaju dengan Regina, Geisha tidak ingin menghapus bayang-bayang Momo. Lantas, ke mana ar…

BERITA LAINNYA