Jelang Vonis, Ahmad Dhani: Ini Jalan Masa Depan yang Cerah

Purba Wirastama    •    28 Januari 2019 15:24 WIB
ahmad dhani
Jelang Vonis, Ahmad Dhani: Ini Jalan Masa Depan yang Cerah
Ahmad Dhani jelang sidang putusan di PN Jakarta Selatan, pada Senin, 28 Januari 2019 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Jakarta: Ahmad Dhani Prasetyo menghadiri sidang putusan atas kasus ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 28 Januari 2019. Dia menyatakan siap menerima apapun vonis majelis hakim.

"Apapun vonisnya, itu adalah jalan terbaik menuju masa depan," kata Dhani kepada wartawan sebelum masuk ruang sidang.

Dhani datang didampingi dua kuasa hukumnya, Ali Lubis dan Hendarsam Marantoko, serta istri Mulan Jameela dan anak Abdul Qodir Jaelani. Mereka datang sekitar pukul 14.30 WIB.

"Tidak ada rasa takut dan khawatir," imbuh Dhani. "Ini adalah jalan yang harus saya lalui menuju masa depan yang sangat cerah."

Ali menambahkan, mereka berharap hakim memberi vonis bebas karena yakin fakta hukum yang mereka hadirkan tidak membuktikan tuduhan atas kliennya. Dhani dituduh melakukan ujaran kebencian terhadap golongan tertentu yang bisa memicu rasa kebencian dan permusuhan, lewat kicauannya di Twitter pada Maret 2017.

Dhani dilaporkan oleh salah satu pendukung eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas sebuah kicauan yang disebut bernada ujaran kebencian. Saat itu, Ahok sedang menjalani proses hukum terkait pasal penistaan agama.

"Berdasarkan fakta-fakta hukum yang sudah kami hadirkan, Insyaallah, kami berharap keputusan yang diambil oleh hakim adalah vonis bebas," kata Ali. Menurut Ali, tidak jelas golongan siapa yang disinggung lewat kicauan tersebut dan bahwa Dhani menyebut soal "penista agama", bukan "Ahok". 

"Secara akal sehat, enggak ada celah lain lagi hakim untuk memutuskan bersalah," sambung Hendarsam.

"Kami ingin pengadilan menjadi garda terdepan penegakan hukum," imbuhnya.
 


(ASA)