Artis Jadi Caleg, Tony Q: Harus Jelas Tujuan dan Niat Awalnya

Cecylia Rura    •    02 Agustus 2018 07:00 WIB
selebritastony q rastafaraTony Q
Artis Jadi Caleg, Tony Q: Harus Jelas Tujuan dan Niat Awalnya
Tony Q. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Fenomena selebriti mencalonkan diri sebagai wakil rakyat bukan isu baru di Indonesia. Beberapa wajah di layar program televisi hiburan mendadak hijrah ke bangku pemerintahan.

Fenomena ini kembali terjadi ketika puluhan selebriti ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2019. Musisi Tony Q berpendapat, tokoh yang mencalonkan diri ada baiknya memiliki niat yang baik.

"Politik itu seperti awal-awal dulu Bung Hatta bilang bagaimana membuat partai politik mengakomodir idealisme-idealisme patriotik, tapi sejak orde baru mulai melenceng. Kalau masuk politik yang jelas bagaimana tujuan dan niat awalnya, niatnya apa, niatnya untuk perbaikan bangsa, untuk kemaslahatan umat ya enggak masalah. Tapi di tengah perjalanan orang sering berubah di situ secara mental," kata Tony Q di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu, 1 Agustus 2018.

Dari kacamata Tony Q, beberapa seniman atau selebriti yang sudah berhasil masuk ranah politik dirasa belum siap menjadi wakil rakyat di bangku pemerintahan. Karena itu, dia mengingatkan komitmen para caleg selebritis terhadap niat awal mereka.

"Rata-rata belum siap, bahkan ada artis besar yang saya lihat dalam konteks musik cukup salut begitu masuk politik jadi gimana gitu. Karena di situ hanya ada kekuasaan, makanya kembali saya bilang niatnya apa, kalau niatnya untuk kemaslahatan publik, saya yakin jalannya lancar-lancar saja," kata Tony.

Dia berpendapat, berkontribusi untuk bangsa tidak perlu melalui bangku pemerintahan. Dengan bakat bermusik saja sudah dirasa cukup.

"Zaman dulu banyak musisi yang masuk politik. Padahal kalau dia main musik saja sudah cukup bermanfaat untuk masyarakat. Kenapa harus masuk politik sehingga tidak bermanfaat untuk masyarakat," sambungnya.



 


(ELG)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

5 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA