Tio Pakusadewo dan 12 Selebriti yang Terjerat Kasus Narkoba Sepanjang 2017

Cecylia Rura    •    22 Desember 2017 14:52 WIB
artis&narkoba
Tio Pakusadewo dan 12 Selebriti yang Terjerat Kasus Narkoba Sepanjang 2017
Tora Sudiro melambaikan tangan saat dihadirkan dalam rilis penangkapan (Foto: MI/Arya Manggala)

Jakarta: Tio Pakusadewo harus berurusan dengan polisi karena kasus narkoba. Aktor 54 tahun itu ditangkap di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan pada Selasa, 19 Desember 2017.

Ditangkapnya Tio Pakusadewo menambah deretan selebriti yang terjerat kasus narkoba pada 2017. Dari catatan yang dirangkum Medcom.id, terdapat 11 selebriti lain yang ditangkap karena kasus narkoba.

Berikut daftar selebriti yang tersandung kasus narkoba di tahun 2017:


1. Andhika "The Titans"

Kibordis The Titans sekaligus mantan personel Peterpan, Andhika Naliputra Wiraharja ditangkap polisi atas kepemilikan narkoba pada akhir Februari 2017. Andhika ditangkap Polrestabes Bandung atas kepemilikan tembakau gorila bernama Hanoman, narkoba golongan I.

Dikabarkan Andhika memeroleh narkoba tersebut melalui Instagram dengan harga Rp 700 ribu sebanyak dua paket. Andhika vonis 8 bulan penjara.

2. Ridho Rhoma

Masih dari kalangan musikus, penyanyi dangdut Muhammad Ridho Irama atau akrab dengan nama panggung Ridho Rhoma ditangkap Polresta Jakarta Barat atas penggunaan narkoba jenis sabu seberat 0,7 gram Maret 2017. Diduga paket sabu tersebut dibelinya dengan harga Rp 1,8 juta. Atas perbuatannya Ridho Rhoma divonis 10 bulan penjara.

3. Iwa K

Akhir April 2017 rapper Iwa K dibekuk atas kepemilikan ganja di Bandara Soekarno-Hatta. Dikabarkan Iwa K sudah dua bulan mengonsumsi barang haram tersebut sebelum terciduk polisi di Bandara Soetta. Ganja tersebut disinyalir akan dikonsumsi olehnya saat manggung di Makassar. Iwa K divonis 6 bulan penjara dan menjalani rehabilitasi.

4. Sean Azad (Putra Ayu Azhari)

Putra kedua aktris Azyu Azhari, Sean Azad, terjaring operasi razia Badan Narkotika Nasional DKI Jakarta pada awal pekan Mei 2017 saat berada di sebuah tempat hiburan malam kawasan Jakarta Barat. Melalui tes urine, Sean positif menggunakan narkotika jenis sabu dan ganja. Pria yang juga berkarier sebagai rapper ini kemudian menjalani rehabilitasi rawat jalan sesuai ketentuan Undang Undang 35/99 tentang Penggunaan Narkotika.

5. Ammar Zoni

Aktor Ammar Zoni ditangkap oleh pihak kepolisian atas kepemilikan narkoba pada pekan pertama bulan Juli 2017. Polisi menemukan satu toples daun ganja kering seberat 39,1 gram, satu bungkus kertas putih berisi daun ganja kering, alat isap sabu, sedotan, serta tujuh plastik klip kecil bening sebagai medium penyimpan kristal sabu. Lewat pemeriksaan urine ia positif menggunakan ganja dan sabu. Ammar divonis satu tahun rehabilitasi.



6. Axel Matthew Thomas (Putra Jeremy Thomas)

Masih di bulan Juli 2017, putra aktor Jeremy Thomas, Axel Matthew Thomas digiring polisi ke markas atas penggunaan narkoba jenis psikotropika atau happy five. Polisi menangkap Axel berdasarkan keterangan beberapa saksi dan bukti transfer sejumlah Rp 1,5 juta untuk memesan satu strip happy five. Atas perbuatannya Axel hukum empat bulan penjara.

7. Pretty Asmara

Pretty Asmara diciduk kepolisian karena telah mengedarkan narkoba dan pemakaian narkotika jenis sabu dan ekstasi pada Juli 2017. Dikabarkan transaksi ini sudah dilakukannya selama dua tahun terakhir.

Dalam penangkapan tersebut, ada tujuh artis lain yang ikut diamankan. Pretty masih menjalani persidangan hingga kini.



8. Tora Sudiro dan Mieke Amalia

Tora Sudiro dan Mieke Amalia menambah daftar panjang artis terjerat kasus hukum akibat penyalahgunaan psikotropika jenis dumolid pada Agustus 2017. Keduanya mengaku mengonsumsi Dumolid karena susah tidur. Namun, hanya Tora yang dijadikan tersangka.

Setelah menerima assessment dari Badan Narkotika Nasional (BNN), Tora diputuskan menjalani rehabilitasi.

9. Ello

Masih di awal pekan Agustus 2017, penyanyi Marcello Tahitoe atau dikenal dengan Ello ditangkap atas kepemilikan ganja. Ia ditangkap pihak Satnarkoba Polres Metro Jakarta Selatan atas kepemilikan dua paket ganja seberat kurang dari 5 gram.

10. Gatot Brajamusti

Gatot Brajamusti ditangkap terkait kasus narkoba pada Agustus 2017. Gatot ditangkap saat baru terpilih kedua kalinya sebagai Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI). Gatot Brajamusti divonis 8 tahun penjara oleh Majelis Hakim PN Mataram atas kasus narkoba yang menjeratnya. Sementara istrinya Dewi Aminah divonis 1,5 tahun penjara.

Tak hanya narkoba, polisi juga menjerat Gatot dengan kasus kepemilikan senjata api, kepemilikan satwa langka, hingga perbuatan asusila.




11. Rio Reifan

Aktor sinetron Tukang Bubur Naik Haji, Rio Reifan kembali diciduk polisi saat membawa paket lengkap sabu beserta alat isapnya pada Agustus 2017. Dia tertangkap membawa narkotika saat mobilnya berhenti di dekat pintu keluar tol.

Sebelumnya, pada Januari 2015 Rio sempat berurusan dengan polisi saat membawa dua paket sabu masing-masing seberat 0,48 gram dan 1,75 gram lengkap dengan dua alat isap. Ia pun sempat dikenakan hukuman penjara satu tahun dua bulan.

12. Safitri Triesjaya Crespin

Oktober 2017 pemain FTV, Safitri Triesjaya Crespin (Savhi) ditangkap Satnarkoba Polda Metro Jaya atas penyalahgunaan narkoba jenis sabu dan ganja. Hal ini diketahui melalui pelaporan pengemudi ojek online yang mendapatkan order untuk mengantar paket narkoba tersebut dari Tebet menuju Kota Tangerang. Savhi ditanggap bersama dengan kekasihnya bernama Canggih Putra yang memesan narkoba itu.


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA