Ananda Sukarlan Sisihkan Pendapatan untuk Sumbang Dana Kampanye Jokowi

Purba Wirastama    •    20 Desember 2018 09:53 WIB
Seleb Bicara Pilpres 2019
Ananda Sukarlan Sisihkan Pendapatan untuk Sumbang Dana Kampanye Jokowi
Ananda Sukarlan (Foto: MI/Permana)

Jakarta: Ananda Sukarlan akan mengadakan pertunjukan orkestra konser bertajuk Millenial Marzukiana di Jakarta pada awal 2019. Menurut Ananda, sebagian pendapatan pribadinya dari acara ini akan didonasikan bagi Tim  Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dalam Pemilu Presiden 2019. 

"Saya secara pribadi akan mendonasikan sebagian hasil (pertunjukan) ini untuk kampanye kemenangan Jokowi. Namun ini dari pribadi," kata Ananda kepada Medcom.id, Rabu, 19 Desember 2018. 

Ananda menyebut bahwa niat untuk berdonasi kepada TKN Jokowi-Ma'ruf datang dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, yang pernah menyatakan untuk "berjihad" memenangkan paslon mereka.

"Saya terinspirasi justru oleh kubu sebelah (BPN Prabowo-Sandi)," ungkap Ananda. 

"Mereka bilang harus berjihad, mengeluarkan dana bagi junjungan, bahkan harus menjual mobil. Mereka omong saja supaya orang-orang nyumbang. Kalau saya langsung bergerak," tuturnya. 

Ananda dan grup orkestra yang dipimpinnya rutin menggelar konser tahunan dengan tema berbeda. Untuk gelaran 2019, Ananda mengemas dalam tajuk Millenial Marzukiana untuk mengenalkan ulang lagu-lagu ciptaan Ismail Marzuki lewat gubahan simfoni terbaru. 

Komposisi simfoni ini dikerjakan oleh Ananda, melanjutkan proyek serupa bernama Rhapsodia Nusantara tahun lalu yang mengadaptasi lagu-lagu daerah. Sejumlah lagu Ismail yang digarap ulang antara lain Melati di Tapal Batas, Gugur Bunga, dan Selendang Sutera. 

Judul "millenial" merujuk ke lima musisi muda di bawah 30 tahun yang akan tampil bersama di panggung nanti. Mereka adalah Mariska Setiawan, Jessica Sudarta, Anthony Hartono, Aryo Widhawan, dan Finna Kurniawati yang dinilai Ananda "terbaik di Indonesia". 

Konser akan digelar di Ciputra Artprenuer Theater Jakarta pada Minggu, 13 Januari 2019. Tiket dijual dalam rentang harga Rp500 ribu hingga Rp3 juta.
 


(ASA)