Rentan terhadap Virus, Bimbim Ibaratkan Abdee seperti Barang Pecah Belah

Cecylia Rura    •    27 Juni 2018 19:39 WIB
slank
Rentan terhadap Virus, Bimbim Ibaratkan Abdee seperti Barang Pecah Belah
Slank (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Belakangan, grup musik Slank lebih sering tampil dalam formasi kuartet tanpa kehadiran Abdee Negara. Gitaris Slank itu dikabarkan baru mendapatkan ginjal baru yang diperoleh kurang lebih setahun lalu sehingga perlu menyesuaikan kebiasaan bermusik dengan kondisi kesehatannya.

Karena kondisi kesehatannya ini, Abdee juga harus absen dalam acara peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang diperingati pada 27 Juni di Markas Slank.

"Sudah dari setahun lebih ganti ginjal, memang ternyata ganti ginjal adalah menurunkan daya juangnya darah putih. Karena kalau darah putihnya berjuang, dia akan melawan ginjal barunya. Jadi, harus diturunin terus," kata Bimbim kepada Medcom.id di Markas Slank di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Juni 2018.

Abdee bahkan masih rentan terhadap virus, seperti yang rentan ditularkan melalui sentuhan fisik sehingga menghindari orang yang sedang bersin.

"Risikonya apa? Dia rentan sama segala macam penyakit. Meski kita (bersin), dia kalau kena, si darah putih kan 'bego', dibegoin (diturunkan) supaya enggak nyerang ginjal, supaya enggak membahayakan dirinya," kata Bimbim.

Oleh sebab itu, kehadiran Abdee masih melihat situasi dan kondisi acara.

"Sebenarnya secara fisik enggak apa-apa, cuma ya itu rentan. Kami memang jaga banget. Kayak begini, ada ratusan orang kan di ruangan (Markas Slank). Waktu itu kita enggak berani ajak," kata Bimbim.

Kaka menambahkan, Abdee bahkan harus selalu sedia cairan antiseptik agar dirinya tetap steril dari virus dan kuman yang dapat mengaktifkan sel darah putih untuk melindunginya dari bakteri. Jika sel darah putih terlalu aktif, ini dapat membahayakan ginjal yang baru diperolehnya sejak setahun lalu.

"Waktu itu pas salaman sama orang, setelah itu dia cuci tangan pakai antiseptik, tisu. Hidung pakai masker, kalau ngomong baru dibuka. Steril," kata Kaka.

"Jadi kasihan kalau dipaksa. Risiko gitu selalu berempat. Kalau manggung, itu juga paling 3-4 lagu. Kemarin sempat salah lagu di PRJ. pas dia manggung, pas cewek-cewek naik ke atas panggung, megang-megangin, wah, iya ya deg-degan juga," timpal Bimbim.

"Itu risikonya. harus dijagain. Kita megang Abdee kayak kita punya barang pecah belah," kata Bimbim.

Mau tidak mau, Slank untuk sementara waktu tampil berempat. Sesekali tawaran manggung di sekitar Jakarta masih diterima dalam formasi lengkap, termasuk saat melakukan sesi foto album dan seremonial penting, Abdee masih bisa hadir.

Belum lama ini Slank juga masih bisa tampil dalam formasi lengkap saat konser Indonesia Damai yang dihelat di Yogyakarta dalam rangka peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni 2018.



 


(ELG)

SMASH Menolak Bubar

SMASH Menolak Bubar

5 days Ago

SMASH kembali bukan sebagai 'Seven Man As Seven Heroes'. Berenam; Bisma Kharisma, Rangg…

BERITA LAINNYA